Sukses

Ingin Liburan Akhir Tahun? Tiket Kereta Nataru Daop 2 Bandung Masih Tersedia

Secara keseluruhan tiket KA masa libur Nataru 2023/2024 yakni 252.552 tiket.

Liputan6.com, Bandung - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (PT KAI Daop) 2 Bandung menyebut sebanyak 51.446 tiket keberangkatan kereta api (KA) masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024) telah terjual per 5 Desember 2023.

Menurut Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi, secara keseluruhan tiket KA masa libur Nataru 2023/2024 yakni 252.552 tiket. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Ayep mengatakan telah menyiapkan rangkaian tambahan.

"Dalam melaksanakan angkutan Nataru kita menyiapkan empat perjalanan KA tambahan. Keberangkatan dari (stasiun) Bandung ada tiga perjalanan KA Lodaya tambahan pagi berangkat jam 09.15 WIB tujuan Solo, KA Lodaya tambahan malam berangkat jam 20.20 WIB dan KA Argo Parahyangan Bandung - Gambir jam 19.45 WIB," ujar Ayep, Bandung, Rabu, 6 Desember 2023.

Selain dari Stasiun Bandung, rangkaian KA tambahan ini terdapat yang berangkat dari Stasiun Kiaracondong yakni KA Kiaracondong-Surabaya-Gubeng berangkat pukul 09.00 WIB.

Ayep menerangkan lonjakan penumpang kemungkinan terjadi pada hari favorit perjalanan keberangkatan KA seperti 21-23 Desember tujuan Solo.

"Untuk tanggal H-3 atau H-2 Natal 2023 seperti tanggal 21, 22, 23 keberangkatan favorit ke Solo sebagian (tiket) sudah habis. Tapi kita usahakan dengan perjalanan KA tambahan semua penumpang bisa terangkut," kata Ayep.

Setiap tahunnya pada masa libur Nataru, tujuan favorit para penumpang masih didominasi kota-kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah seperti Surabaya, Malang, Kediri, Solo, Semarang, serta Yogyakarta.

Periode pemesanan dan penjual tiket KA untuk keberangkatan 21 Desember 2023-7 Januari 2024 sebenarnya telah mulai dibuka sejak 6 November lalu. "Pada intinya kita PT KAI mengerahkan semua rangkaian yang kita punya. Agar semua calon penumpang dapat melakukan perjalanan masa Angkutan Natal dan Tahun Baru pada kali ini. Kami berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada masyarakat," ucap Ayep.

PT KAI Daop 2 Bandung telah menyiapkan 414 perjalanan KA Jarak Jauh Reguler (KAJJ) dan 218.376 tempat duduk selama 18 hari pelaksanaan masa angkutan Nataru kali ini.

Jumlah perjalanan dan tempat duduk yang disediakan pun masih bisa bertambah dengan rencana akan dioperasikannya beberapa KA tambahan nantinya.

"Daop 2 Bandung memprediksi pada Nataru tahun ini akan mengangkut sebanyak 200 ribu pelanggan atau meningkat 12 persen jika dibandingkan dengan Nataru tahun lalu," sebut Ayep.

Pada masa Angkutan Nataru tahun lalu, jumlah tiket yang terjual sebanyak 178.385 tiket. Melihat animo masyarakat dalam bertransportasi menggunakan KA terus meningkat, disamping sudah longgarnya aturan dari pemerintah kemungkinan jumlah penumpang tahun ini mengalami lonjakan.

Untuk pengoperasian KA tambahan ini tentu akan dipengaruhi beberapa faktor diantaranya ketersediaan sarana seperti lokomotif dan kereta serta animo masyarakat yang melakukan pemesanan atau pembelian tiket.

"Jumlah tiket yang disediakan pada masa Angkutan Nataru tahun ini sendiri meningkat sebesar 3 persen jika dibanding tahun lalu, yang hanya sebanyak 212.324 tiket," pungkas Ayep.

2 dari 3 halaman

Jadwal KA Tambahan di Bandung

PT Daop 2 Bandung mengoperasikan 4 kereta api tambahan untuk periode keberangkatan 21 Desember 2023 s.d 7 Januari 2024.

Tiket KA tambahan tersebut sudah dapat dipesan mulai Rabu, 22 November 2023 melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya.

Adapun loket stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Executive Vice President PT KAI Daop 2 Bandung Takdir Santoso mengatakan, total KAI Daop 2 menambah 2.132 tempat duduk.

Seluruh KA tambahan tersebut tersedia untuk perjalanan relasi favorit seperti Bandung-Solobalapan, Bandung-Gambir dan Kiaracondong-Surabaya Gubeng.

"KA-KA tambahan pada periode Angkutan Natal dan Tahun Baru ini KAI sediakan agar pelanggan lebih leluasa dalam memilih jadwal keberangkatan dari jauh-jauh hari. Hadirnya KA-KA tambahan tersebut menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Nataru ini, serta merupakan wujud komitmen untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," kata Takdir pada Senin, 4 Desember 2023.

Daftar KA-KA tambahan Daop 2 pada masa Nataru 2023/2024:

Keberangkatan dari Stasiun Bandung:

1. KA Lodaya Tambahan relasi Bandung- Solobalapan berangkat 10.15 datang 19.24.

2. KA Lodaya Tambahan relasi Bandung-Solobalapan berangkat 21.20 datang 06.30.

3. Argo Parahyangan Tambahan relasi bandung-Gambir berangkat 19.45 datang 22.41.

Keberangkatan dari Stasiun Kiaracondong:

1. KA Tambahan KAC-SGU Relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng berangkat 09.00 datang 22.41.

Penjualan tiket kereta api reguler Nataru saat ini masih tersedia. Sementara itu, per Senin (4/12) KAI Daop 2 mencatat sebanyak 51.446 tiket kereta api jarak jauh sudah terjual atau 20 persen dari tiket yang disediakan yakni 252.552 tiket periode Nataru tanggal 21 Desember 2023-7 Januari 2024.

Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung. KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dari jauh-jauh hari, karena tiket KA masa Libur Natal dan Tahun Baru 2024 masih cukup banyak tersedia. Pada masa Nataru ini, KAI menjual tiket mulai H-45 Keberangkatan.

Sejumlah KA yang menjadi favorit untuk Angkutan Nataru sejauh ini diantaranya KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar pp dan KA Lodaya relasi Bandung-Solobalapan pp.

 

3 dari 3 halaman

Siapkan 34 KA Tambahan

Sementara itu PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) akan mengoperasikan 34 KA Tambahan pada periode Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Tiket KA tambahan tersebut sudah dapat dipesan mulai Rabu, 29 November 2023 pukul 00.00 WIB lalu melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya.

"Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dicuplik dari laman PT KAI.

Joni mengatakan, PT KAI telah menambah 311.856 tempat duduk KAJJ. Seluruh KA tambahan tersebut tersedia untuk perjalanan relasi favorit seperti Jakarta-Solo pp, Jakarta-Surabaya pp, Jakarta - Malang pp, Bandung - Solo pp, dan lainnya.

Selain itu PT KAI menambah beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api pada momen Nataru.

"Hadirnya KA-KA Tambahan ini menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Nataru, serta wujud komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," ungkap Joni.

Berikut Daftar KA-KA Tambahan untuk Periode Natal dan Tahun Baru:

- KA keberangkatan tanggal 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024: Manahan (Gambir–Solo Balapan pp), Malioboro Ekspres (Purwokerto–Malang pp), Sancaka (Yogyakarta–Surabaya Gubeng pp), Kaligung (Tegal–Semarang Poncol pp), Taksaka Tambahan (Gambir–Yogyakarta pp), Gajayana Tambahan (Gambir–Malang pp), Sembrani Tambahan (Gambir–Surabaya Pasar Turi pp), Lodaya Tambahan (Bandung–Solo Balapan pp), Brantas Tambahan (Pasar Senen–Blitar pp), Kertajaya Tambahan (Pasar Senen–Surabaya Pasar Turi pp), Tambahan Kiaracondong–Surabaya Gubeng, Tambahan Surabaya Gubeng–Kiaracondong, dan Kutojaya Utara Tambahan (Pasar Senen–Kutoarjo pp).

- KA keberangkatan tanggal 24 - 26, dan 31 Desember 2023, serta 1 dan 7 Januari 2024: Argo Cheribon (Gambir–Cirebon pp) dan Argo Parahyangan Tambahan (Gambir–Bandung pp).

"Untuk informasi lebih lanjut terkait KA Tambahan dan penjualan tiket pada masa Angkutan Nataru, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121," tandas Joni.

Â