Sukses

Degradasi Santos FC usai 111 Tahun Berlaga di Kasta Tertinggi Sepak Bola Brasil

Bagi Santos FC, degradasi ini adalah untuk kali pertamanya setelah berkiprah di kasta tertinggi sepak bola Brasil selama 111 tahun. Mereka terdegradasi lantaran bercokol di zona degradasi peringkat 17 klasemen atau keempat dari bawah.

Liputan6.com, Yogyakarta - Klub asal Brasil Santos FC akhirnya harus terdegradasi ke kasta kedua seusai kalah 1-2 dari Fortaleza pada Rabu (6/12/2023) malam waktu Brasil atau Kamis (7/12/2023) siang WIB.

Bagi Santos FC, degradasi ini adalah untuk kali pertamanya setelah berkiprah di kasta tertinggi sepak bola Brasil selama 111 tahun. Mereka terdegradasi lantaran bercokol di zona degradasi peringkat 17 klasemen atau keempat dari bawah.

Tim yang pernah dibela sang legenda dari Brasil Pele itu hanya mampu dengan mengoleksi 43 poin dari 38 laga. Selisih itu tipis dengan Bahia yang berada di urutan 16 dengan 44 poin usai menang atas Atletico Mineiro 4-1. Padahal, Santos sempat berada di atas Bahia dengan selisih dua poin sebelum laga pekan ke-38 berlangsung.

Dengan kabar Santos FC terdegradasi ke kasta kedua, praktis hanya menyisakan dua klub Brasil yang belum pernah terdegradasi ke kompetisi bawahnya.

Dua klub itu adalah Sao Paulo dan Flamengo. Meski tidak tampil terlalu baik musim ini, Sao Paulo masih bertengger di papan tengah klasemen, atau tepatnya di peringkat 11 dengan mengemas 53 poin.

Sedangkan Flamengo cukup meyakinkan dengan berada di peringkat 4 dengan perolehan 66 poin dari 38 laga.

Kenyatakan Santos FC terdegradasi ini sempat membuat kerusuhan. Suporter yang kecewa dengan manajemen tim dan hasil buruknya membuat onar dengan membakar sejumlah mobil dan bus di luar Stadion Vira Belmiro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Besarkan Nama Neymar

Tentu saja, kabar ini menjadi pukulan keras bagi masyarakat kota Santos. Sepanjang berkompetisi di kasta tertinggi, klub tersebut telah melahirkan sejumlah bakat ternama sepak bola.

Mereka pernah membesarkan nama Neymar sebelum akhirnya hengkang ke Barcelona. Di klub tersebut, Neymar adalah top skor sepanjang masa dengan torehan 72 gol dari 139 laga yang dimainkannya.

Selain Neymar, ada juga yang saat ini bermain di Real Madrid Rodrygo. Pemain yang baru merasakan sekali Piala Dunia itu adalah jebolan Santos FC saat masih belia.

Selain dua nama itu, Santos FC juga melahirkan Pele di era sebelumnya. Selanjutnya ada Gabriel Barbossa yang kini main di Flamengo, Danilo di Juventus, dan Robinho yang pernah main di AC Milan dan Real Madrid.

Di sisi lain, peraih gelara juara Serie A Brasil musim 2023 ini adalah Palmeiras. Mereka berhasil mengemas 70 poin. Sementara runner up diraih Gremio degan total 68 poin dari 38 laga.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini