Sukses

Tingkatkan Kewaspadaan Jelang Nataru, Lapas Makassar Gelar Razia Gabungan

Lapas Makassar melibatkan tim gabungan merazia sejumlah kamar hunian para warga binaannya.

Liputan6.com, Makassar Lembaga Pemasyarakatan Kelas IA Makassar (Lapas Makassar) menggelar razia ke sejumlah kamar hunian para warga binaan, Kamis 7 Desember 2023.

Selain melibatkan bantuan dari petugas Rutan Kelas I Makassar, Bapas Kelas I Makassar, Rupbasan Makassar, dalam razia tersebut juga turut diikuti oleh pihak Kepolisian dan TNI.

"Alhamdulillah kegiatan razia berjalan lancar dengan melibatkan jajaran yang ada serta juga dibantu dari Koramil Rappocini dan Polsek Rappocini," ucap Kadivpas Kanwil Kemenkumham Sulsel, Yudi Suseno.

Dari hasil razia di beberapa kamar hunian warga binaan yang ada di lingkup Lapas Kelas IA Makassar ini, tidak ditemukan adanya benda-benda terlarang yakni narkotika maupun alat komunikasi berupa handpone.

Namun, sebut Yudi, ada beberapa barang yang dinilai berpotensi bisa menjadi sarana terjadinya pelanggaran maupun terciptanya gangguan keamanan di lingkup lapas telah diamankan.

"Seperti sikat gigi, tang, alat cukur, hangir, kabel dan tali itu kita amankan semua karena kemungkinan dapat menjadi pemicu terjadinya pelanggaran hingga gangguan keamanan di dalam lapas," terang Yudi.

Ia menyebutkan, razia oleh tim gabungan merupakan kegiatan rutin yang sudah ada sejak dahulu yang kemudian dilanjutkan oleh pimpinan baru Lapas Kelas IA Makassar saat ini.

"Selain kegiatan rutin, razia kali ini juga sebagai langkah antisipasi keamanan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) khususnya di lingkup Lapas Kelas IA Makassar," tutur Yudi.

Tak hanya itu, kata dia, kegiatan razia ini juga bertujuan sebagai terapi kejut bagi para warga binaan yang ada di dalam Lapas Kelas IA Makassar agar tidak berani mencoba-coba menyelundupkan barang-barang terlarang atau berpotensi mengganggu keamanan lingkup lapas.

"Dengan razia ini, paling tidak meminimalisir kemungkinan terjadinya pelanggaran keamanan yang dilakukan oleh warga binaan di Lapas Kelas IA Makassar ini," ujar Yudi.

Di tempat yang sama, Kalapas Kelas IA Makassar, Teguh Pamuji menyebutkan, hingga saat ini total jumlah warga binaan Lapas Kelas IA Makassar mencapai seribuan orang.

Di mana, kata dia, warga binaan terbanyak didominasi oleh mereka yang tersandung dalam perkara tindak pidana penyalahgunaan narkoba.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.