Sukses

Pelaku UMKM di Kelurahan Ciparigi kini Makin Melek Digital

Bertempat di aula kelurahan, kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 15 pelaku UMKM yang antusias untuk memahami tentang peran teknologi dalam meningkatkan daya saing dan penjualan produk.

Liputan6.com, Jakarta Bogor - Mahasiswa Program Studi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University menyelenggarakan sosialisasi bertemakan “Digitalisasi UMKM” kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Ciparigi.

Sosialisasi yang diselenggarakan pada Kamis (23/11/23) bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya memanfaatkan teknologi untuk memajukan produk UMKM di era digital saat ini.

Bertempat di aula kelurahan, kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 15 pelaku UMKM yang antusias untuk memahami tentang peran teknologi dalam meningkatkan daya saing dan penjualan produk UMKM mereka. Pemaparan materi oleh Fathnisa Wulandari selaku founder @sigiri.id mengenai marketing dan branding menuai respons positif dari para pelaku UMKM yang hadir.

Di Kelurahan Ciparigi, banyak masyarakatnya menjadi pelaku UMKM. Namun, kebanyakan di antara mereka masih mempromosikan dengan cara konvensional, seperti promosi mulut ke mulut, atau hanya mengandalkan media cetak saja.

“Saya sangat senang akan adanya kegiatan sosialisasi UMKM di Kelurahan Ciparigi ini. Karena sebenarnya disini itu banyak masyarakat menjadi pelaku UMKM, neng. Namun, masih sulit bagi para pelaku UMKM ini dalam mempromosikan produknya. Mereka masih mempromosikan dengan cara konvensional, seperti promosi mulut ke mulut, atau hanya mengandalkan media cetak saja,” kata Dewi Nursasi selaku Sekretaris Lurah.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teknologi Mampu Menjangkau Lebih Luas

Dalam pemaparan materi ini, Fathnisa juga menceritakan bagaimana teknologi seperti media sosial mampu menjangkau lebih banyak pembeli. Ia juga menunjukkan cara promosi produknya melalui akun sosial media Instagram @sigiri.id yang menimbulkan rasa penasaran audiens mengenai cara membuat poster promosi seperti di akun tersebut.

“Itu cara bikin desainnya pake aplikasi apa, biar bisa bagus kayak gitu?" ucap Daniarsih.

Setelah mendengar pertanyaan tersebut, delapan Mahasiswa Komunikasi Digital dan Media serta Fathnisa Wulandari langsung memberikan solusi dengan memberikan pelatihan Canva kepada para pemilik UMKM di wilayah Ciparigi. Kegiatan pelatihan ini diawali dengan mengunduh aplikasi Canva di gadget pelaku UMKM, pengenalan fitur, hingga cara penggunaan aplikasi Canva sebagai media dalam mendesain poster promosi produk. Antusias dan semangat audiens untuk belajar tidak redup meski kesulitan dalam mempraktikkan membuat poster di Canva.

“Saya pasti bisa!” ucap Siti Romlah.

Kepala kelurahan Ciparigi, Denny Ardiansah, S.Sos., yang turut hadir dalam kegiatan ini, memberikan respons positif serta membantu para mahasiswa dalam menyukseskan acara sosialisasi UMKM ini. Beliau juga berharap para mahasiswa dapat terus membantu pihak kelurahan khususnya dalam memajukan UMKM yang ada di wilayah Ciparigi.

Keterlibatan langsung mahasiswa dalam memajukan sektor UMKM, selain memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi di tingkat lokal, mereka juga mendapatkan pengalaman yang berarti.

 

Penulis: Ester Monica Pakpahan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.