Sukses

Pertamina Patra Niaga Sumbagut Prediksi Konsumsi BBM Naik 5 hingga 10 Persen Saat Nataru

PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memprediksi terjadi peningkatan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) sekitar 5 hingga 10 persen oleh masyarakat saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 atau Nataru.

Liputan6.com, Medan PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memprediksi terjadi peningkatan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) sekitar 5 hingga 10 persen oleh masyarakat saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 atau Nataru.

Hal itu disampaikan Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar, saat bertemu Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Jumat (15/12/2023).

"Konsumsi bahan bakar Pertalite, Pertamax, Turbo, diperkirakan naik 5 hingga 10 persen. Namun untuk bahan bakar Solar diprediksi akan turun, karena pada saat itu sektor industri sudah mulai menurunkan operasional," sebutnya.

Disebutkan Freddy Anwar, diperkirakan untuk bahan bakar Solar turun 3 persen. Sementara untuk peningkatkan konsumsi LPG diperkirakan naik sekitar 3 persen.

"Dengan segala peningkatan tadi, kebutuhan kita dan stok kita aman. Jadi, tidak ada masalah," sebutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapan Hadapi Nataru

Freddy Anwar juga mengatakan, persiapan yang sudah dilakukan PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut yakni 5 instalasi terminal BBM siap menyuplai bahan bakar ke SPBU. Sebanyak 5 instalasi tersebut berada di Belawan-Labuhandeli, Kota Siantar, Sibolga, Kisaran, dan Nias.

Selain itu, ada juga penambahan pasokan bahan bakar dari Kilang Dumai yang diangkut dengan kapal-kapal menuju Sumut.

"Yang pastinya kesiapan kita yang dimulai sejak hari ini hingga 15 Januari 2024 mendatang, dalam hal pasokan sudah aman. Begitu juga dengan pasokan bahan bakar," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Ketersediaan Pasokan BBM dan LPG

Sebelumnya, Pj Gubernur Sumut, Hassanudin, meminta ketersediaan pasokan BBM dan LPG di seluruh kabupaten/kota di Sumut, saat menghadapi libur Nataru. Mengingat pada libur Nataru biasanya terjadi peningkatan konsumsi BBM dan LPG.

Hal itu disampaikan Hassanudin saat menerima kunjungan Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar, bersama Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Sumut.

"Kita harus siap siaga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya dengan memastikan stok BBM dan LPG untuk masyarakat harus tercukupi. Tidak terjadi kelangkaan. Karena ini untuk kepentingan masyarakat," katanya.

4 dari 4 halaman

Jamin Ketersediaan BBM

Hassanudin berharap, dalam menghadapi libur Nataru nantinya tidak ada kendala yang dialami masyarakat Sumut. Dia juga berharap adanya kerja sama dari semua pihak, agar arus lalu lintas berjalan lancar.

"Juga terjaminnya ketersediaan bahan pokok, BBM, LPG, dan memberikan keamanan yang dapat menciptakan kenyamanan bagi masyarakat saat libur Nataru," pungkasya.

Turut hadir pada pertemuan itu Ketua Hiswana Migas Sumut, Haris Rajali, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Sumut, Mulyadi Simatupang.

Kemudian Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut, Naslindo Sirait, dan Kepala Biro Perekonomian Setdaprovsu, Poppy Marulita Hutagalung, serta lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.