Sukses

Respons Ganjar Pranowo Dengar Wacana Kaesang Maju Pilgub Jateng 2024

Muncul wacana Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep bakal maju di Pilgub Jateng 2024.

 

Liputan6.com, Wonosobo - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep berencana maju dalam kontestasi Pilgub Jateng 2024. Terkait wacana itu, calon presiden nomor urut 3 yang juga mantan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyambut baik, dan menyebut hal itu sebagai sesuatu yang menarik.

"Bagus, ikuti aja, menarik itu," ujar Ganjar usai menyapa warga di Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (18/12/2023).

Sebelumnya, Minggu (17/12/2023), dalam sebuah pertemuan di acara "Car Free Day Bersama Relawan Plat K untuk Generasi Optimis" di Alun-alun Jepara, Jawa Tengah, Minggu (17/12/2023), Kaesang Pangarep mengatakan tidak masalah jika dirinya diminta warga untuk menjadi Gubernur Jawa Tengah.

Saat acara berlangsung, panitia acara bertanya apakah Kaesang bersedia jika diminta warga untuk menjadi Gubernur Jawa Tengah.

Kaesang kemudian menjawab, "Yo, mboten nopo-nopo" ("Ya, tidak apa-apa)," kata dia.

 

2 dari 2 halaman

Batal Maju Pilkada Depok

Sebelumnya, Kaesang juga digadang-gadang bakal maju dalam Pilkada Depok, namun batal setelah dirinnya didapuk menjadi Ketua Umum PSI.

"Nanti ya, ibu-ibu.... Kalau saya jadi Wali Kota Depok, mau tidak mau harus fokus nanti di Depok saja, padahal ada Indonesia yang sebenarnya harus diurus," ujar Kaesang, di Jakarta, Rabu (11/10/2023).

Kaesang mengemukakan hal itu ketika merespons teriakan dari sukarelawan, terutama kaum wanita, yang mendukung agar dirinya maju menjadi Depok 1 pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu juga mengatakan bahwa pihaknya ingin fokus mengurus partainya terlebih dahulu, terutama karena PSI sebagai partai baru memiliki target untuk mendapatkan kursi di parlemen yang ambang batasnya (parliamentary threshold) mencapai 4 persen.