Sukses

Polres Rokan Hilir Perbaiki Akses Jalan Menuju TPS Daerah Pedalaman

Personel Polres Rokan Hilir bahu-membahu bersama masyarakat memperbaiki jalan menuju akses TPS di daerah pedalaman agar mudah dilewati saat Pemilu 2024.

Liputan6.com, Pekanbaru - Hari pemungutan suara pemilihan umum (Pemilu) 2024 memang masih lama. Tempat pemungutan suara (TPS) belum dibuat tapi lokasinya sudah ditentukan oleh pihak terkait.

Meskipun masih lama, lokasi yang nantinya menjadi TPS 10 di di Jalan Bangun Setia, Sei Sekusut RT/RW 015/011, Dusun Suka Makmur, Kepenghuluan Jumrah, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, menjadi perhatian polisi.

Kapolres Rokan Hilir AKBP Andrian Pramudianto menjelaskan, TPS 10 berada di daerah pedalaman. Jaraknya dari pusat keramaian cukup jauh, termasuk dari Polsek Rimba Melintang.

"Sekitar 20 kilometer dari Polsek, jarak tempuhnya 40 menit kalau cuaca dan kondisi jalannya bagus," kata Andrian, Rabu siang, 20 Desember 2023.

Sebagian besar jalan menuju TPS 10 dan dusun itu masih tanah. Beberapa ruas jalan juga rusak parah sehingga terkadang sulit dilalui kendaraan bermotor.

Jika hujan turun, jalan tanah kuning di lokasi langsung becek dan berlumpur, nyaris tak bisa dilalui kendaraan roda empat.

"Harus pakai perahu kalau musim hujan untuk bisa sampai ke TPS itu," jelas Andrian.

Andrian menyebut Kapolsek Rimba Melintang Ipda Boni Ferdy Sagala sudah sering ke lokasi bersama personel lainnya. Polisi bahu membahu dengan masyarakat memperbaiki jalan.

Jalan yang berlubang ditimbun menggunakan batu petron. Pengerasan di beberapa bagian juga dilakukan guna mempermudah akses masyarakat nantinya ke TPS.

"Ini juga bertujuan agar distribusi logistik Pemilu 2024 ke lokasi tidak terkendala sehingga saat pencoblosan tidak ada gangguan," jelas Andrian.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemilu Sebelumnya

Menurut Andrian, persiapan ini sebagai pelajaran dari Pemilu sebelumnya. Saat itu, penyaluran logistik Pemilu hanya bisa dilakukan memakai sampan kecil.

"Dengan demikian akses menuju ke TPS 10 pada Pemilu 2024 diharap tidak menggunakan sampan lagi," jelas Andrian.

Selain akses, tambah Andrian, kendala lainnya di TPS 10 Dusun Suka Makmur adalah sulitnya jangkauan sinyal.

"Untuk kendala ini nantinya akan kita cari solusinya secara bersama-sama, " pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.