Sukses

Mengenal Hilirisasi Digital yang Disebut Gibran saat Debat Cawapres

Istilah hilirisasi digital baru-baru ini jadi perhatian publik usai cawapres nomor 2 Gibran Rakabuming Raka menyebutkannya. Berikut pengertian tentang hilirisasi digital.

Liputan6.com, Bandung - Baru-baru ini istilah “hilirisasi digital” ramai dicari usai calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menggunakannya ketika acara Debat Cawapres 2024 pertama berlangsung.

Istilah tersebut juga diketahui masuk dalam visi dan misinya terkait ekonomi di Indonesia.

“Teman-teman sesama anak muda, lalu apa agenda ke depan Kita akan lanjutkan hilirisasi,” kata Gibran, Jumat (22/12/2023).

Gibran menyampaikan bahwa Indonesia harus keluar dari middle income trap dan hilirisasi tidak hanya dijalankan dalam sektor ekstraktif saja. Menurutnya hilirisasi juga harus berjalan dalam pertanian, perikanan, digital, dan lain-lain.

Menurut Gibran, hilirisasi digital akan semakin ia dorong maju terutama untuk talenta yang dimiliki anak-anak muda. Di antaranya yang ahli dalam AI (Artificial Intelligence), block chain, robotik, perbankan, crypto, dan lain-lain.

“Hilirisasi digital akan kami genjot. Kita akan siapkan anak-anak muda yang ahli artificial intelligence, anak-anak muda yang ahli block chain, anak-anak muda yang ahli robotik, anak-anak muda yang ahli perbankan syariah, anak-anak muda yang ahli crypto,” ucap Gibran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lantas, Apa itu Hilirisasi Digital?

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hilirisasi mempunyai arti penghiliran merupakan proses atau cara atau perbuatan untuk melakukan pengolahan bahan baku menjadi barang siap pakai.

Adapun digital dalam KBBI mempunyai arti dengan angka-angka untuk menunjukkan informasi atau sistem perhitungan tertentu yang berkaitan dengan atau menggunakan komputer atau internet.

Berdasarkan keterangan Kominfo, pemerintah Indonesia telah berupaya mendorong adanya hilirisasi dalam mengoptimalkan potensi ekonomi digital. Di dorongnya hilirisasi tersebut untuk menghadapi kondisi digitalisasi global.

“Hilirisasi pemanfaatan teknologi melalui program-program yang dapat langsung memberikan dampak ke berbagai sektor termasuk dengan adopsi teknologi digital bagi UMKM, optimalisasi potensi perusahaan rintisan atau Startup digital. Serta pengembangan masyarakat digital yang cakap dan handal secara komprehensif di 3 tingkat kecakapan, tingkat dasar, menengah hingga lanjutan,” kata Menkominfo Budi Arie Setiadi melalui siaran pers pada 26 Juli.

3 dari 3 halaman

Tujuan

Singkatnya, hilirisasi digital merupakan sebuah konsep dari industri atau proses bisnis tradisional yang mengadopsi teknologi digital. Tujuan dari hilirisasi digital adalah untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, hingga nilai tambah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.