Sukses

UMKM Hidroponik Penyandang Disabilitas di Balikpapan Dapatkan Bantuan dari PAMA BPOP

PT Pamapersada Nusantara Balikpapan Operation (PAMA BPOP) kembali menunjukkan komitmen perusahaan untuk membantu pemerintah di bidang pemberdayaan ekonomi salah satunya yang dikelola oleh penyandang disabilitas.

Liputan6.com, Balikpapan - PT Pamapersada Nusantara Balikpapan Operation (PAMA BPOP) kembali menunjukkan komitmen perusahaan untuk membantu pemerintah di bidang pemberdayaan ekonomi. Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), PAMA BPOP kali ini kembali menyasar pada peningkatan pembinaan mereka terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Yang spesial, UMKM tersebut dikelola oleh kelompok penyandang disabilitas.

Chief Expert PAMA BPOP Sulasman didampingi CSR Officer Aziz Kusuma Aji menjelaskan, sebagai salah satu perusahaan yang memiliki lima program terpadu CSR, salah satunya adalah pendidikan dan pelatihan. Tertuang salah satunya kegiatannya adalah Pembinaan Penyandang Disabilitas. Ini sesuai mandatory dan komitmen CSR PAMA di 2023. PAMA BPOP pun menggandeng sejumlah stakeholder. Antara lain Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Balikpapan, Dinas Sosial Balikpapan dan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Balikpapan.

“Dengan kerja sama tersebut, PAMA BPOP menyalurkan bantuan material aset prasarana hidroponik dan tambahan perlengkapan dan peralatan produksi,” ungkap Sulasman, Minggu (24/12/2023).

Tidak hanya membantu di sisi produksi, PAMA BPOP juga membantu promosi pemasaran produk UMKM. Kegiatan tersebut sesuai timeline akan dilakukan pada Februari 2024, ketika UMKM telah menghasilkan produk atau panen. Adapun dengan bantuan perusahaan, maka UMKM ini juga punya peluang sebagai penyuplai bahan katering, memiliki kebun hidroponik yang besar.

“Dan pada 6 Desember lalu perusahaan kembali menyalurkan bantuan bibit dan peralatan hidroponik. Tentu ini menjadi bagian komitmen agar teman – teman penyandang disabilitas semakin semangat dalam membesarkan UMKM hidroponik ini. Terbukti saat kunjungan kami, hasil produk sayur mayur sangat bagus,” ungkap Sulasman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaum Difabel Turut Gerakkan Perekonomian

Ditambahkan Ketua PPDI Balikpapan Sugianto, pihaknya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas bantuan PAMA BPOP. Ini menurutnya menjadi bagian sinergi dan komitmen PAMA dalam membina UMKM masyarakat khususnya penyandang disabilitas di Balikpapan. Apalagi melalui UMKM hidroponik ini, kaum difabel mampu ikut menggerakkan ekonomi meski di tengah keterbatasan.

“Kami sangat berterima kasih kepada PAMA BPOP. Bantuan dan pembinaan ini menjadi semangat dan berkah bagi anggota kami untuk bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan. Apalagi peluang di bidang ini sangat terbuka besar utamanya di Balikpapan yang kini menghadapi pertumbuhan penduduk yang signifikan dampak Ibu Kota Nusantara (IKN),” ucap Sugianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.