Sukses

Taman Purbakala Pugung Raharjo, Situs Purbakala yang Tak Sengaja Ditemukan

Dengan berbagai keunikan yang dimilikinya, kawasan Taman Purbakala Pugung Raharja layak masuk daftar tempat wisata Lampung yang wajib dikunjungi. Selain pemandangannya yang indah dan menyegarkan, wisatawan juga bisa menambah pengetahuan tentang warisan budaya sekaligus.

Liputan6.com, Lampung - Situs Taman Purbakala Pugung Raharjo menjadi salah satu destinasi wisata yang layak dikunjungi saat berada di Lampung. Situs cagar budaya ini menyimpan banyak peninggalan budaya yang variatif.

Mengutip dari indonesia.go.id, situs purbakala ini ditemukan secara tidak sengaja oleh para transmigran pada 1957. Taman Purbakala Pugung Raharjo berlokasi di Desa Pugungraharjo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur.

Para peneliti Situs Pugung Raharjo menyatakan, di kawasan tersebut ditemukan sejumlah peninggalan bersejarah. Mulai dari zaman megalitik (dari tahun 2500 SM), klasik (Hindu-Buddha), hingga Islam ada di sana.

Beberapa artefak yang ditemukan yaitu keramik lokal maupun asing dari berbagai dinasti (Dinasti Han, Yuan, Song dan Ming), manik-manik, dolmen, menhir, pisau, mata tombak, batu berlubang, batu asahan, batu pipisan, kapak batu, gelang perunggu, dan batu bergores. Selain itu, ada juga sebuah arca tipe polynesia.

Barang-barang purbakala tersebut tersimpan rapi dan dapat dilihat pengunjung di Rumah Informasi/Museum Situs Pugung Raharjo. Selain peninggalan bersejarah, tempat ini juga memiliki keunikan berupa sejumlah gundukan tanah dan batu berundak atau biasa disebut dengan punden berundak.

Gundukan tersebut mirip piramida di Mesir. Dengan dilapisi rumput hijau, punden berundak ini menjadi pemandangan yang sangat indah dan menyejukkan.

Sejauh ini, ditemukan ada 13 punden yang berada di sebelah barat dan timur situs. Pada bagian timur, juga terdapat punden berundak terbesar dengan tiga undakan yang dikelilingi parit kecil.

Kawasan ini juga memiliki benteng parit primitif sepanjang 1,2 kilometer yang mengelilingi situs purbakala. Dahulu, parit ini diduga berisi air yang berasal dari sumber air di sisi timur situs. Konon, air tersebut dapat membuat awet muda jika digunakan untuk mandi.

Bukan itu saja, Taman Purbakala Pugung Raharjo juga memiliki Benteng Pugungraharjo yang berbentuk gundukan tanah. Ada juga komplek batu kandang atau yang dikenal dengan nama batu mayat. Batu mayat ini disusun membentuk empat persegi yang di bagian tengahnya terdapat pahatan phallus (lambang alat kelamin laki-laki).

Dengan berbagai keunikan yang dimilikinya, kawasan Taman Purbakala Pugung Raharja layak masuk daftar tempat wisata Lampung yang wajib dikunjungi. Selain pemandangannya yang indah dan menyegarkan, wisatawan juga bisa menambah pengetahuan tentang warisan budaya sekaligus.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.