Sukses

Bertemu Pelaku UMKM Cirebon, Gibran Rakabuming: Benar-Benar Kreatif

Gibran juga sempat bertemu salah seorang pengusaha batik yang ada di Desa Trusmi Kabupaten Cirebon.

Liputan6.com, Cirebon Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka bertemu pelaku UMKM saat melakukan kunjungan ke Cirebon. 

Dalam kunjungannya, Gibran sempat berdialog khusus dengan para pelaku UMKM. Mendengar keluhan dan harapan para pelaku UMKM Cirebon. 

Seperti diungkapkan perajin Kerupuk Kulit Ikan Patin Cirebon Dani Maulana. Ia meminta kepada Gibran untuk tidak meninggalkan pelaku UMKM serta ingin dipermudah mengenai perizinan.

"Jangan pernah tinggalkan UMKM mas (Gibran) dan memperhatikan terutama segi perizinan yang harus lebih di permudah," kata Dani kepada Gibran, Sabtu (6/1/2024)

Jika terpilih pada Pemilu 2024, Dani juga meminta kepada Gibran agar dapat meningkatkan pemasaran bagi produk UMKM asal Cirebon.

Ia mengakui, salah satu kendala utama pelaku UMKM Cirebon ada di pemasaran yang terbatas. Pelaku UMKM belum banyak yang melakikan ekspansi keluar daerah.

"Kami minta di fasilitasi saja supaya produk kami bisa masuk di toko oleh-oleh yang ada di pulau Jawa kalau Mas Gibran terpilih," paparnya.

Hingga saat ini, kata Dani, alat produksi yang digunakan sebagian besar masih manual. Terutama soal penjemuran kulit ikan patin yang masih menggunakan terik panas matahari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Legalitas

Sementara itu, pelaku UMKM lain Intan mengungkapkan butuh legalitas agar bisa masuk ke pasar online. Dia mengaskan, pelaku UMKM asal Cirebon sudah banyak yang memenuhi syarat. 

Akan tetapi, kekurangan pada perizinan dan legalitas sehingga tidak dapat masuk ke pemasaran marketplace.

"Pelaku UMKM di Cirebon belum memiliki legalitas karena minim wawasan. Pelaku UMKM yang ada di pelosok desa di Kabupaten Cirebon itu banyak, tapi mereka merasa kesulitan untuk menembus pasar mengingat banyaknya pelaku UMKM yang belum memiliki legalitas atau badan hukum," ujarnya.

Menjawab pertanyaan para pelaku UMKM Cirebon, Gibran mengatakan, potensi UMKM di Cirebon sangat luar biasa dan sangat kreatif.

"Pelaku UMKM di Cirebon memang benar-benar kreatif. Kemasan produknya saja bagus-bagus," kata Gibran.

Dia menyampaikan, seluruh keluhan dari pelaku UMKM Cirebon sudah ditampung yang selanjutnya akan dibahas guna mempermudahkan pergerakan produk pelaku UMKM untuk kedepannya.

"Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk bisa berdiskusi," ucap Gibran.

Pada kesempatan ini juga, Gibran sempat membagikan buku pada masyarakat yang hadir. Usai kegiatan acara diskusi, tidak lupa juga Gibran menyempatkan diri untuk berbelanja beberapa produk batik Cirebon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini