Sukses

Bukan dari Malaysia, Ini Riwayat Nasi Kandar Kuliner Populer di Indonesia

Berikut fakta menarik nasi kandar sajian khas Malaysia yang populer di Indonesia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Nasi kandar merupakan salah satu kuliner Malaysia yang juga populer di Indonesia. Kuliner serupa nasi rames ini memadukan nasi dengan berbagai macam lauk pauk.

Ciri khas sajian ini adalah kuah kari yang disiram melimpah bak kuah. Dikutip dari laman TasteAtlas, nasi kandar selalu disebut sebagai hidangan khas Penang.

Namun rupanya, sajian khas ini berasal jauh dari India. Dikutip dari berbagai sumber, berikut fakta menarik nasi kandar sajian khas Malaysia yang populer di Indonesia.

1. Sejarah Nasi Kandar

Nasi kandar dibawa oleh orang-orang India ke Malaysia pada awal abad ke-19. Mereka biasa menjual hidangan tersebut menggunakan batang bambu kandar tradisional.

Cara membawa makanan inilah yang memberi nama pada nasi kandar. Para imigran Tamil yang beragama Islam dan disebut mamak.

Para mamak menjajakannya di pelabuhan serta di jalan-jalan kepada para buruh yang bekerja di sana.

2. Asal Nama Kandar

Nasi kandar sendiri memiliki arti nasi yang dibawa dipikul di bahu, yaitu dari kata nasi (beras) dan kandar (bahu). Penjual nasi kandar biasa memikul dua wadah besar yang berisi nasi dan lauk pauk keliling.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Favorit Para Pekerja

3. Santapan Favorit Para Pekerja

Nasi kandar menjadi santapan favorit para pekerja imigran di pelabuhan yang rata-rata berprofesi sebagai buruh atau pekerja bangunan. Mulanya, nasi kandar dijual dengan lauk ayam, ikan, terung, dan okra balado.

Para perkerja bisa mendapat satu porsi nasi tersebut dengan harga 5 sen, sehingga para pekerja berbondong-bondong mendatangi para pedagang nasi kandar.

4. Berevolusi sejak 1970

Seiring berjalannya waktu, nasi kandar mulai berevolusi. Pada 1970, restoran nasi kandar mulai bermunculan. Lauk-pauk disajikan di etalase, pembeli dapat memilih sendiri lauk yang diinginkan.

Lauk yang dijual untuk nasi kandar bisa mencapai 40 hingga 50 jenis. Harganya tentu saja tergantung dengan lauk yang dipilih.

Keunikan nasi kandar adalah kuah dari berbagai olahan akan disiram ke atas nasi.

 

3 dari 3 halaman

Tempat Nasi Kandar di Yogyakarta

5. Rekomendasi Tempat Makan Nasi Kandar di Yogyakarta

Salah satu tempat makan nasi kandar di Yogyakarta adalah kedai Nasi Kandar Tuan Agung. Tempat makan ini cukup populer dan kerap menjadi jujukan menu makan siang.

Salah satu menu favorit di tempat makan ini adalah nasi kandar dengan ayam goreng madu. Selain itu, Nasi Kandar Tuan Agung juga menjual aneka lauk lainya seperti cumi-cumi, bebek, daging dan masih banyak lagi.

Semua menu dibanderol mulai dari Rp40.000 saja. Nasi mandhi diselimuti dengan kuah kari yang kaya akan rempah, sehingga bercita rasa gurih dan legit.

Nasi Kandar Tuan Agung berada di Jalan Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.