Sukses

Rekomendasi Wedangan di Kota Solo, Tempat Nongkrong Malam Asyik dan Murah

Wedangan di kalangan warga Solo dikenal dengan sebutan HIK (Hidangan Istimewa Kampung). Wedangan ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Liputan6.com, Solo - Wedangan menjadi salah satu ciri khas Kota Solo. Terdapat banyak kuliner wedangan yang tersebar di berbagai sudut kota ini.

Wedangan di kalangan warga Solo dikenal dengan sebutan HIK (Hidangan Istimewa Kampung). Wedangan ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Adapun menu yang dihadirkan pun beragam, mulai dari nasi kucing, oseng-oseng, aneka gorengan, teh kampul, hingga wedang jahe. Selain nikmat, menu-menu tersebut juga dijual dengan harga terjangkau. Mengutip dari surakarta.go.id, berikut rekomendasi wedangan Solo:

1. Wedangan Pendopo

Wedangan pendopo berada di Jalan Srigading I Nomor 7 Mangkubumen. Wedangan ini menjadi salah satu langganan keluarga Presiden Joko Widodo.

Menariknya, wedangan ini memiliki berbagai dekorasi klasik, mulai dari kepala kijang, radio lawas, ikan-ikan jadul, hingga hiasan kepala kijang. Penerangannya pun dibuat layaknya wedangan pada umumnya dengan lampu kuning remang-remang yang menambah suasana wedangan semakin syahdu.

2. Wedangan Gareng

Wedangan Gareng berlokasi di Jalan Basuki Rahmat Nomor 6, RT.2/RW.12, Kerten, Kecamatan Laweyan, Kota Solo. Wedangan ini cukup unik karena menyajikan berbagai macam rempah-rempah.

Menariknya, Wedangan Gareng memanfaatkan teras rumah tua yang ditata tradisional. Adapun minuman yang menjadi favorit wisatawan adalah wedang uwuh, wedang jahe kencur, jeruk gula aren, khayangan, dan kombucha.

3. Wedangan Lawang Djoendjing

Wedangan Lawang Djoendjing berada di Gang Gunung Kelud II Nomor 7, Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo. Wedangan ini mengusung konsep unik dengan dekorasi pintu gerbang miring. Masyarakat Jawa biasa menyebut hal itu dengan istilah djoendjing.

4. Wedangan Radjiman

Wedangan Radjiman berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 62, Solo. Wedangan ini menjadi tempat nongkrong favorit para muda-mudi. Selain menghadirkan menu-menu wedangan, pengunjung juga bisa nonton bersama saat ada pertandingan sepak bola.

5. Omah Londo Angkringan

Omah Londo Angkringan berada di Jalan Agus Salim Nomor 2A, Sondakan, Laweyan, Surakarta. Wedangan ini menghadirkan konsep angkringan yang nyaman dan kekinian. Bangunannya bernuansa rumah dinas petinggi atau bos dengan arsitektur Belanda.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak