Sukses

Genre Musik Sesuai Kepribadian MBTI, Kamu yang Mana?

Lagu genre pop adalah musik yang paling populer dan disukai banyak orang di seluruh dunia. Istilah "pop" sendiri berasal dari singkatan "popular" yang berarti musik yang banyak didengar dan dinikmati oleh masyarakat umum.

Liputan6.com, Yogyakarta Musik juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengenali kepribadian seseorang. Hal ini karena musik dapat mencerminkan perasaan, pikiran, dan emosi seseorang. Berdasarkan teori Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), ada 16 tipe kepribadian yang berbeda-beda. Setiap tipe kepribadian memiliki selera musik yang unik.

Dikutip dari laman 16personalities.com, berikut ini genre musik kepribadian MBTI.

1. Genre Pop

Lagu genre pop adalah musik yang paling populer dan disukai banyak orang di seluruh dunia. Istilah "pop" sendiri berasal dari singkatan "popular" yang berarti musik yang banyak didengar dan dinikmati oleh masyarakat umum.

Secara umum, lagu pop memiliki beberapa karakteristik, seperti melodi yang mudah diingat, ritme yang catchy atau energik, hingga struktur lagu yang sederhana. Kepribadian MBTI yang menyukai lagu dengan genre pop didominasi oleh ESFP dengan presentase 88 persen.

Kemampuan genre musik pop ini menegaskan bahwa pengalaman menjadi sentimen dan cenderung dibagikan oleh ESFP. Seorang ESFJ juga menikmati musik genre ini dengan persentase 80 persen.

Bagi ESFJ, musik pop ini dijadikan sebagai soundtrack dalam kehidupan dan bagian refrain menjadi bagian paling penting. ISFP juga menyukai suara dan emosi pop yang berani dengan presentase 78 persen.

2. Genre Jazz

Lagu dengan genre jazz adalah lagu yang menggunakan elemen-elemen musik jazz, seperti improvisasi, sinkopasi, harmoni yang kompleks, pengaruh blues, dan instrumen yang umum digunakan dalam jazz. Lagu jazz biasanya memiliki ciri-ciri seperti improviasi atau menyimpang dari melodi dan harmoni yang tertulis untuk menciptakan solo dan riff spontan.

Musik jazz sering menggunakan akord dan harmoni yang lebih kompleks daripada genre musik lainnya. Hal ini dapat memberikan kedalaman dan tekstur yang unik pada musik.

Kepribadian MBTI yang menyukai lagu dengan genre jazz didominasi oleh ENTJ sebanyak 64 persen. Kecerdasan musik jazz memberikan pemahaman luar biasa bagi mereka yang memiliki kepribadian ini.

Diikuti oleh ENFJ dengan presentasi 64 persen. Hal ini dikarenakan sesuai dengan kepribadian ENFJ yang antusias dan percayaan diri.

Terakhir, ENFP dengan presentasi 62 persen. Mereka memahami nilai waktu senggang yang bisa dimanfaatkan dengan mendengarkan musik Jazz.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Genre Rock

3. Genre Rock

Lagu dengan genre rock adalah genre musik populer yang berasal dari rock and roll di Amerika Serikat pada akhir 1940-an dan awal 1950-an. Jenis lagu ini berkembang menjadi berbagai gaya yang berbeda pada pertengahan 1960-an hingga seterusnya, terutama di Amerika Serikat dan Inggris.

Genre ini berasal dari musik kulit hitam yang beragam pada waktu itu, termasuk rhythym and blues dan musik rohani, dengan country and western. Musik rock biasanya didominasi oleh gitar listrik, dan memiliki tempo yang cepat.

Kepribadian MBTI yang menyukai lagu dengan genre rock didominasi oleh ENTP sebanyak 84 persen. Hal ini karena sifat musik rock yang telah menyatu dengan kepribadian ENTP yang memiliki semangat memberontak.

Kepribadian lain yang juga menikmati musik rock yaitu INFP dan INTP dengan presentasi 82 persen.

4. Genre Hip-Hop

Lagu dengan genre hip hop adalah lagu yang menggunakan elemen-elemen seperti rap, beat, dan DJing. Kepribadian MBTI yang menyukai lagu dengan genre hip-hop didominasi oleh ESTP menduduki posisi pertama dengan 58 persen.

Musik rap dianggap dapat mencerminkan gaya hidup atau aspirasi dari kepribadian ESTP. Selain itu, ESFP dan ESTJ juga menikmati genre musik ini dengan presentasi 57 persen.

5. Genre Reggae

Musik reggae adalah genre musik populer yang berasal dari Jamaika pada akhir 1960-an. Genre ini dicirikan oleh tempo yang lambat, ritme yang khas, dan lirik yang sering kali bertema tentang perdamaian, cinta, dan kesatuan.

Kepribadian MBTI yang menyukai lagu dengan genre reggae didominasi oleh ISFP dengan presentasi 46 persen. Bagi ISFP, hidup terasa seperti kekacauan yang berkecamuk di luar.

Musik reggae menjadi penenang dan penghilang kegelisahan yang sempurna.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.