Sukses

Mengintip Persaingan Elektabilitas Caleg di Jateng Dapil V

Hasil survey menyimpulkan bahwa publik mencari sosok yang merakyat.

Liputan6.com, Semarang - Survei The Republic Institute yang dilakukan menjelang Pemilu 2024 atau 30 hari jelang hari pencoblosan 14 Februari mendatang, menunjukkan keterpilihan 8 calon anggota DPR RI di Daerah Pemilihan (Dapil) V DPR RI Jawa Tengah (Jateng). 

The Republic Institute juga menggelar survey terhadap partai politik di  Jateng Dapil 5, meliputi Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Boyolali dan Klaten.

Untuk partai PDIP masih mendominasi dan menegaskan bahwa Jateng adalah kandang banteng. Selengkapnya elektabilitas tertinggi diduduki PDI Perjuangan (38%), Partai Golkar (14,4%), Partai Gerinda (8,2%), Partai Nasdem (8,1%), Partai Demokrat (7,8%), PAN (6,3%), PKS (6%), dan PKB (5,5%). 

Kemudian untuk nama calon legislatif, Puan Maharani diprediksi meraih suara terbanyak. Selengkapnya berikut 8 nama teratas Caleg Dapil V Jateng yaitu Puan Maharani (15,7%), Henry Indraguna (6,5%), Eva Yuliana (6,4%), Aria Bima (6,4%), M. Toha (3,2%), Adik Sasongko (3,1%), Dwi Purwanto (3,0%) dan Abdul Kharis Alamsyahri (3,0%). 

Peneliti The Republic Institute, Izzudin Makruf menyatakan survei dilakukan dengan metode tatap muka menggunakan kuesioner oleh surveyor terlatih dan dilakukan spotcheck dengan tingkat kepercayaan 90 %.

"Waktu dan sampel survei dilakukan 8-17 Januari 2024 dengan jumlah responden 800 sampel. Teknik analisa data mengambil sampel stratified random sampling dengan MoE sebesar 3,46 persen," kata Izzudin.

Pemilu 2024 tetap menggunakan sistem proporsional terbuka, sama dengan penyelenggaraan tiga pemilu sebelumnya. 

Dengan sistem pemilu terbuka, maka tidak ada keistimewaan antar caleg yang satu dengan caleg lainnya. Nomor urut 1 sama peluangnya dengan nomor urut buncit alias nomor urut terakhir.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Publik Cari yang Merakyat

Izzudin Makruf juga menyebutkan caleg DPR RI dari Golkar Henry Indraguna tingkat elektabilitas menduduki nomor 2 di bawah posisi Caleg Nomor 1 dari PDI Perjuangan, yakni Puan Maharani, yang dikenal sebagai Ketua DPR RI dan juga petahana legislator Senayan beberapa periode ini. 

Posisi Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar ini di bawah putri mahkota Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, yakni Puan Maharani yang meraup elektabilitas 15,7 persen. 

Henry Indraguna meraih Doktor Ilmu Hukum dari UNS. Ia diprediksi menjadi salah satu caleg yang akan terpilih sebagai anggota DPR RI di Dapil V Jawa Tengah, menggeser incumbent koleganya di Beringin, yakni Singgih Januratmoko yang hanya memperoleh dukungan suara 3,6 persen. 

"InsyaAllah dengan doa dan dukungan poro sedulur kabeh (para saudara) di Kota Solo, Sukoharjo, Boyolali, Klaten), saya siap berjuang memberikan kebanggaan dan kemanfaatan semua warga. Karena prinsip hidup saya: urip iku urup atau hidup itu nyala," kata Henry.

Menurut Izzudin, Survei ini juga memberikan data para caleg yang mampu bertengger di 8 besar akan menuju ke Senayan. Sesuai dengan alokasi kursi DPR RI untuk Dapil ini. 

"Hasil survei ini menggambarkan pemilih di Dapil V Jateng, menginginkan sosok politisi yang dekat dan bisa berinteraksi secara langsung dengan masyarakat. Dan hasil elaktabiltas dari survei lembaga independen surveyor ini mencatat 8 bakal calon anggota legislatif dari Dapil Jateng V," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini