Sukses

Layanan Manggar di Lapas Tanjungpandan Sabet Penghargaan

Layanan inovasi Mobil Antar Keluarga Bahagia Sampai Rumah (Manggar) yang digagas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan, mendapat pengharaan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan inovasi Mobil Antar Keluarga Bahagia Sampai Rumah (Manggar) yang digagas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan, mendapat pengharaan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur.

Layanan Manggar diinisiasi karena lokasi Lapas Kelas IIB Tanjungpandan jauh dari pusat kota dan tidak adanya angkutan umum yang melintas di wilayah tersebut.

Hal itu menjadi kendala bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang telah bebas dan ingin pulang ke rumahnya masing-masing.

Kepala Lapas Tanjungpandan, Gowim Mahali menjelaskan layanan Manggar telah berjalan sejak tahun 2021 sebagai penghargaan kepada WBP yang telah bebas.

Dengan catatan, selama menjalani pembinaan para WBP harus berkelakuan baik melalui hasil penilaian Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN) dan diputuskan oleh Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP).

“Kita ingin memberikan sesuatu yang lebih kepada WBP yang telah disiplin dalam menjalankan program pembinaan, tolak ukurnya jelas melalui SPPN dan keputusan TPP," jelas Gowim dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/2/2024).

Sementara itu, Bupati Belitung Timur, Burhanudin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Lapas Kelas IIB Tanjungpandan atas terobosan dan pelayanan prima bagi masyarakat yang menjalankan pembinaan.

Ia juga menegaskan bahwa hal itu menjadi bukti nyata negara hadir untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Hal ini juga dapat membangun persepsi positif masyarakat bahwa warga binaan ketika bebas telah siap untuk bersosialisasi kembali ditengah masyarakat," ungkap Burhanudin.

Hal senada juga dikatakan oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto. Ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Belitung Timur atas apresiasinya terhadap inovasi yang dilakukan Lapas Kelas IIB Tanjung Pandan.

Harun juga berharap, inovasi yang digagas Lapas IIB Tanjung Pandan dapat terus berjalan sehingga banyak WBP yang dapat merasakan pelayanan prima tersebut.

"Terima kasih seluruh jajaran Lapas Tanjungpandan yang sudah berkerja keras dan ikhlas untuk WBP maupun masyarakat. Semoga kinerja baik ini, dapat terus dirasakan manfaatnya," pungkasnya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.