Sukses

6 Rekomendasi Tempat Berburu Takjil di Bandung

Berburu takjil merupakan tradisi khas yang selalu hadir pada bulan Ramadan. Berikut ini adalah tempat berburu takjil populer yang ada di Bandung.

Liputan6.com, Bandung - Memasuki bulan suci Ramadan umat Muslim di dunia menghabiskan waktunya menjalani ibadah puasa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, pada bulan Ramadan terdapat beberapa tradisi khas yang terjadi hanya pada waktu puasa salah satunya berburu takjil.

Takjil merupakan makanan atau minuman kecil yang dikonsumsi ketika berbuka puasa tiba. Tradisi ini sangat populer di Indonesia ketika masyarakat berbondong-bondong membeli dan menikmati takjil untuk buka puasa.

Masyarakat biasanya membeli takjil di sepanjang jalan, pasar tradisional, atau pusat perbelanjaan. Mereka juga biasanya membeli takjil di waktu-waktu berbuka puasa atau pada waktu sore hari.

Aktivitas berburu takjil yang dilakukan ketika sore juga dikenal dengan sebutan ngabuburit. Ngabuburit adalah kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa dengan kegiatan berjalan-jalan, bermain, termasuk mencari takjil.

Tradisi berburu takjil menjadi salah satu budaya Ramadan yang telah dilakukan secara turun-temurun. Selain itu, tradisi ini hanya terjadi satu tahun sekali pada momen bulan suci Ramadan.

Melansir dari beberapa sumber di Bandung terdapat tempat yang populer untuk berburu takjil. Berikut ini adalah tempat berburu takjil pada bulan Ramadan yang menyajikan menu makanan bervariasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Rekomendasi Tempat Berburu Takjil di Bandung

1. Pusdai Bandung

Kawasan Pusdai Bandung sudah lama dikenal sebagai tempat berburu takjil yang lengkap terutama dekat dengan Masjid Pusdai di Jalan Diponegoro, Kota Bandung. Kawasan Pusdai jadi tempat favorit warga Bandung mencari jajanan untuk berbuka.

Pada bulan Ramadan di Pusdai terdapat pasar tumpah yang dibuka setiap hari pada waktu sore. Biasanya pengunjung bisa membeli beragam makanan dari makanan berat hingga makanan ringan.

Mulai dari aneka makanan khas takjil seperti kolak, gorengan, cimol, cilok, telur gulung, hingga cilung. Kemudian terdapat makanan berat seperti sate, ayam goreng, bebek goreng, dan lain-lain.

2. Dipatiukur 

Selain di bulan Puasa kawasan Dipatiukur sudah dikenal sebagai kawasan kuliner di Bandung. Tempat ini menyajikan beragam makanan dan minuman yang menggugah selera para pembeli.

Terdapat beragam stand makanan di sepanjang Dipatiukur yang bisa dibeli untuk berbuka. Misalnya membeli sajian makanan ringan khas bulan puasa seperti kolak, sop buah, dan lain-lain.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Simpang Dago

Simpang Dago atau Pasar Simpang Dago menjadi spot berburu takjil berikutnya yang populer di Bandung. Tempat ini memiliki beragam stand makanan dan minuman yang bisa dipilih untuk berbuka puasa.

Diketahui lokasinya berada di depan McDonald’s Dago dan selalu ramai pengunjung karena lokasinya yang berada di pinggiran jalan Simpang Dago. Tempat ini juga memiliki menu takjil populer seperti kolak, gorengan, hingga cendol.

4. Taman Makam Pahlawan Bandung

Taman Makam Pahlawan Cikutra menjadi salah satu spot berburu takjil populer di Bandung. Pasalnya pengunjung bisa membeli beragam makanan tradisional dan jajanan yang cocok untuk berbuka puasa.

Para penjual makanan tersebut biasanya berjualan di sepanjang jalan menuju Taman Makam Pahlawan Cikutra. Harga yang dijualnya pun terjangkau dengan menu berbuka tradisional seperti cincau, kolak, dan lain-lain.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

5. Lengkong Kecil

Kawasan Lengkong Kecil merupakan kawasan yang sudah dikenal sebagai tempat kuliner hits di Bandung. Pasalnya di sepanjang jalan Lengkong Kecil pengunjung bisa melihat banyaknya jajaran stand jualan makanan dan minuman populer.

Sehingga, pada bulan Ramadan tempat ini selalu ramai dikunjungi untuk berburu takjil dengan makanan yang bervariasi.

6. Alun-Alun Bandung

Alun-Alun Bandung tidak hanya dikenal sebagai tempat wisata tetapi juga menjadi spot berburu takjil di bulan Ramadan. Pasalnya terdapat beberapa penjual makanan dan minuman yang ada di Alun-Alun Bandung.

Biasanya pengunjung yang berburu takjil di Alun-Alun Bandung menghabiskan waktunya sambil ngabuburit atau berjalan-jalan di tengah kota.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini