Sukses

Pemerintah Jamin Keamanan dan Kenyamanan Pemudik Lebaran 2024

Keamanan dan kenyamanan pemudik di seluruh Indonesia, khususnya menuju Sumatera maupun Jawa, bakal dijamin pemerintah.

Liputan6.com, Cilegon - Pemerintah akan menjamin keamanan dan kenyamanan pemudik di seluruh Indonesia, khususnya menuju Sumatera maupun Jawa. TNI hingga Polri bakal berjaga di jalur mudik dan wisata di seluruh Indonesia, saat libur Idul Fitri 2024.

"Di seluruh jalur, baik itu jalur bebas hambatan, jalur jalan nasional, kemudian dermaga, semua sudah disiapkan, baik pos keamanan, pelayanan maupun pos terpadu. Semua sudah disiapkan dan sudah dilaksanakan," ujar Hadi Tjahjanto, Menko Polhukam, di Dermaga Eksekutif Merak, Senin, (01/04/2024).

Pemerintah bersama Polri telah menyiapkan rekayasa lalu lintas, jika kondisi cuaca buruk di Pelabuhan Merak yang menyebabkan kapal sulit sandar.

Begitupun saat puncak arus mudik, jika terjadi kepadatan di dalam Pelabuhan Merak maupun Ciwandan, Polri telah menyiapkan segala sesuatunya, seperti tempat parkir untuk menampung kendaraan pemudik.

"Apabila terjadi upnormal condition, rencana kontigensi antaranya, apabila terjadi kemacetan apa yang harus dilakukan, tindakannya dengan menjadikan jalan alternatif. Apabila terjadi penumpukan di dermaga, juga apa tindakannya? Tindakannya juga disiapkan, tempat parkir yang luas," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemerintah Minta ASDP Layani Pemudik Dengan Baik

Pemerintah meminta PT ASDP Indonesia Ferry menyiapkan dan memperhatikan pelayanan bagi pemudik di seluruh pelabuhan miliknya, terutama di lintasan Mereka Bakauheni.

Masyarakat juga diminta membeli tiket sebelum keberangkatan, sehingga tidak terjadi masalah saat di pelabuhan.

Jika merasa lelah atau mengantuk, lebih baik beristirahat dan tidak melanjutkan perjalanan, demi keamanan dan kenyamanan bersama.

"Kalau memang capek segera istirahat di rest area untuk keselamatan kita semua. Di lapangan ada TNI, Polri, ormas dan Pramuka," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini