Sukses

Mudik Lebaran, Ini Jadwal One Way Jalur Padang-Bukittinggi

Jalur one way diberlakukan selama mudik Lebaran 2024 di Sumatera Barat.

Liputan6.com, Padang - Kepolisian Daerah Sumatera Barat melakukan skema jalan satu arah (one way) selama masa angkutan Lebaran 2024, mulai 7-15 April 2024.

Direktur Lalu-lintas (Dirlantas) Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Nur Setiawan menyampaikan pihaknya sudah melakukan uji coba penerapan jalur satu arah tersebut, kemudian juga telah melaksanakan pengecekan jalur.

"One way diberlakukan pukul 12.00-17.00 WIB," ujarnya, Jumat (5/4/2024)

Sistem one way yakni untuk arus mudik 7-9 April 2024, dari Padang pengendara akan melewati Sicincin Padang Pariaman-Padang Panjang-Padang Lua-Bukittinggi.

Kemudian dari arah Bukittinggi pengendara melewati Padang Lua-Malalak-Koto Mambang-Sicincin Padang Pariaman.

"Arus balik juga diberlakukan one way," katanya.

Sementara untuk arus balik, mulai 11-15 April 2024 dari Padang melewati Sicincin Padang Pariaman-Koto Mambang-Malalak-Padang Lua Bukittinggi.

Dari arah Bukittinggi, melewati Padang Lua-Padang Panjang-Sicincin Padang Pariaman-Padang.

"Satu jam sebelum dan sesudah penerapan jalur satu arah dilaksanakan pembersihan jalur terhadap kendaraan terlebuh dahulu," jelasnya.

Penerapan jalur satu arah ini, untuk mengurangi kemacetan yang biasa terjadi saat menjelang maupun sesudah Lebaran.

"Data sebelumnya saat libur Lebaran, perjalanan Padang-Bukittinggi bisa ditempuh kalau tidak ada one way bisa 7 sampai 10 jam karena macet," ia menambahkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini