Sukses

PAMA Dukung Program Nasional, Tanam Cabai dan Pohon Buah

Kepedulian terhadap lingkungan hidup dan konservasi kembali ditunjukkan PT Pamapersada Nusantara (PAMA). Melalui Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang lingkungan, PAMA menyalurkan sejumlah bantuan kepada kelompok masyarakat dalam bentuk bibit pohon buah, cabai, pupuk hingga kebutuhan lain untuk kegiatan penanaman pohon.

Liputan6.com, Balikpapan - Kepedulian terhadap lingkungan hidup dan konservasi kembali ditunjukkan PT Pamapersada Nusantara (PAMA). Melalui Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang lingkungan, PAMA menyalurkan sejumlah bantuan kepada kelompok masyarakat dalam bentuk bibit pohon buah, cabai, pupuk hingga kebutuhan lain untuk kegiatan penanaman pohon.

Chief PAMA Balikpapan Operation (BPOP) Expert Sulasman didampingi CSR Officer Aziz Kusuma Aji menjelaskan, dukungan ini sesuai dengan mandatory CSR perusahaan, salah satunya berkontribusi dalam pelestarian lingkungan hidup dan penghijauan. Di sisi lain, PAMA percaya, bahwa lingkungan hidup menjadi bagian tanggung jawab semua stakeholder. Agar bermanfaat bagi masyarakat.

“Semua itu bisa diwujudkan dengan kerja sama dan sinergi yang baik antara perusahaan, pemerintah dan masyarakat. Upaya kami salah satunya ya dengan menyediakan bibit pohon. Terutama yang jenis stek atau okulasi. Untuk mempercepat proses berbuah setelah beberapa tahun ditanam. Ini bentuk komitmen PAMA dengan lingkungan hidup. Sesuai dengan isu global terkait ESG dan carbon offset,” ungkap Sulasman, Senin (1/4/2024).

Untuk lokasi penanaman pohon, tersebar di sejumlah lokasi. Salah satunya yang baru-baru ini dilaksanakan adalah penanaman bibit pohon buah di Waduk Teritip, Balikpapan Timur dan lingkungan ring satu PAMA. Waduk Teritip sendiri masuk dalam kawasan hijau yang juga menjadi wilayah konservasi Astra Heavy Equipment, Mining, Construction, and Energy (AHEMCE). Sebagai areal penting untuk menyediakan sumber air baku bagi warga Balikpapan.

“Bantuan donasi bibit ini kami serahkan ke Bank Sampah Induk Kota Hijau Balikpapan. Ini menjadi salah satu bagian program tahunan kami. Di mana sesuai target perusahaan, sedikitnya dalam satu bulan kami bisa menanam 50 bibit di 2024 ini. Mulai dari bibit buah biasa sampai buah langka nasional. Program ini pun berlaku untuk setiap karyawan PAMA yang wajib menanam 2 pohon. Di mana kami target untuk menanam minimal 500 pohon di tahun ini,” jelas Sulasman.

Selain penanaman bibit pohon buah, PAMA juga terlibat dalam kegiatan nasional tanam cabai. Di Balikpapan, PAMA memberikan bantuan bibit cabai kepada Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur sebagai bentuk aksi mendukung program pemerintah dalam penanaman pohon cabai serentak se-Indonesia. Aksi dari PKK nasional ini merupakan upaya membantu ketahanan pangan masyarakat dan stabilisasi ekonomi.

“Kita ketahui bersama, cabai ini kerap jadi faktor pendorong terjadinya inflasi di berbagai daerah termasuk Balikpapan. Ketika harga cabai mahal, maka masyarakat pasti terdampak. Ini menjadi komitmen PAMA mendukung program pemerintah di bidang ketahanan pangan dan ekonomi masyaraka,” imbuh Sulasman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini