Sukses

Berhasil Selamatkan Ibu dan Anak yang Akan Bunuh Diri, Kompolnas Beri Penghargaan untuk Polisi di Lampung

Korban yang merupakan ibu rumah tangga bersama tiga anaknya berupaya mengakhiri hidup setelah mendapatkan kabar bahwa suaminya kini telah menikah lagi.

Liputan6.com, Lampung - Empat petugas Kepolisian Resor (Polres) Tanggamus mendapatkan penghargaan dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) karena berhasil menggagalkan upaya bunuh diri yang dilakukan seorang ibu rumah tangga dan tiga anaknya di Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Empat orang polisi itu adalah Bripka Endri Turnip, Briptu Fransiskus Rumoharbo, Bripka I Made Ari Susila dan Bripka Yohanes Seven Aprilian Palma. 

"Kami sangat mengapresiasi kesiap siagaan empat anggota Polres Tanggamus yang berhasil menyelamatkan seorang Ibu dan tiga anaknya dari percobaan buhuh diri," kata Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti pada Minggu (21/4/2024). 

Dia menjelaskan, korban bersama tiga anaknya berupaya mengakhiri hidup setelah mendapatkan kabar bahwa suaminya kini telah menikah lagi. Menurut dia, aksi penyelamatan tersebut merupakan sikap profesionalitas polisi secara nyata melindungi dan mengayomi masyarakat. "Kami mendukung diberikannya pengharagaan kepada para anggota tersebut, termasuk kesempatan sekolah dan pembinaan karier, agar anggota merasa termotivasi dan meningkatkan kualitas kerjanya di kemudian hari," imbuhnya. 

Dia mendorong, untuk lebih ditingkatkan lagi patroli keliling polisi sebagai bentuk pencegahan kejahatan di wilayah hukum Polda Lampung. Serta mengharapkan seluruh Bhabinkamtibmas dapat memperhatikan dan mengidentifikasi warga di wilayah tugasnya masing-masing. "Jikalau ada yang diduga mengalami depresi atau KDRT, agar dapat dikoordinasikan dengan unit-unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA), guna upaya preventif untuk mencegah terjadinya peristiwa yang tak diinginkan," harapnya.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadilah Astutik menyampaikan bahwa melalui Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser telah memberikan penghargaan kepada keempat polisi tersebut. "Penghargaan tersebut diberikan pada saat berlangsung kegiatan Upacara Hari Kesadaran Nasional di Lapangan Polres Tanggamus," kata Umi. 

Umi menjelaskan, pemberian penghargaan kepada personel ini sebagai bentuk apresiasi supaya menjadi contoh bagi semua anggota kepolisian di Lampung dapat terus meningkatkan pelayanan dan pengamanan kepada masyarakat. "Polda Lampung menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada keempat personel telah memberikan loyalitas dan integritasnya kepada institusi Polri," pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.