Sukses

Setetes Darah untuk Kemanusiaan dari Insan Pengayoman

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengadakan aksi donor darah.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Pangkalpinang, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengadakan aksi donor darah.

Kegiatan ini adalah wujud kepedulian dari seluruh insan pengayoman kepada masyarakat yang membutuhkan darah, sekaligus rangkaian untuk menyambut Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 tanggal 27 April 2024 mendatang.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Babel, Harun Sulianto, sangat mengapresiasi kegiatan donor darah yang diselenggarakan jajarannya. Ia berharap aksi mulia ini dapat diadakan secara berkala.

Sebab setetes darah adalah hal yang sangat berharga bagi mereka yang membutuhkan. Tak hanya itu, donor darah dapat membantu menyelamatkan hidup mereka.

"Semoga darah yang disumbangkan pegawai Kemenkumham Babel dapat bermanfaat bagi masyarakat," harapnya, Selasa (22/4/2024).

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Pangkalpinang, Hani Anggraeni yang juga selaku ketua panitia mengatakan, hingga saat ini sudah sebanyak 54 orang calon pendonor yang mendaftar, dan saat ini sedang dalam proses pengambilan darah.

Sebelum melakukan donor darah para calon pendonor wajib melalui beberapa pemeriksaan, seperti HB darah, tekanan darah, serta observasi kesehatan yang dilakukan oleh tenaga Kesehatan dari PMI Pangkalpinang.

"Hanya pegawai yang dinyatakan sehat dan memenuhi kualifikasi, yang dapat menjadi pendonor," kata Hani Anggraeni.

Umumnya darah tersebut diberikan kepada pasien yang membutuhkan seperti kondisi kecelakaan, transplantasi organ, atau memiliki penyakit seperti kanker, anemia, dan lain-lain.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Donor Darah

Selain itu, manfaat donor darah tidak hanya baik untuk yang menerima, tapi juga bagi pendonor.  Berikut dirangkum dari website Kementerian Kesehatan tentang manfaat donor darah bagi tubuh, antara lain;

1. Meminimalisir risiko Penyakit jantung.

2. Dapat mengurangi kekentalan darah dalam tubuh.

3. Menurunkan tingkat kolesterol di dalam tubuh.

4. Dapat menurunkan kadar oksidan di dalam tubuh dengan meningkatkan kandungan antioksidan.

Kemudian, manfaat lainnya bagi kesehatan mental antara lain;

1. Mengurangi stres.

2. Mengurangi perasaan negatif.

3. Meningkatkan kesejahteraan emosi.

4. Menurunkan rasa terasingkan.

Selain untuk membantu sesama,  dengan donor darah secara tidak langsung mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Sebab petugas akan melakukan pemeriksaan detak jantung, tekanan darah hingga tingkat HB (Hemoglobin) sebelum melakukan pengambilan darah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.