Sukses

Daftar Hari Penting pada 3 Mei, Memperingati Hari Apa?

Bukan itu saja, tanggal tersebut juga menjadi hari penting di beberapa negara. Berikut daftar hari penting pada 3 Mei.

Liputan6.com, Yogyakarta - Setiap tahunnya, 3 Mei menjadi hari penting untuk merayakan atau memperingati momen tertentu. Ada beberapa hari penting yang diperingati pada 3 Mei, salah satunya Hari Kebebasan Pers Sedunia.

Bukan itu saja, tanggal tersebut juga menjadi hari penting di beberapa negara. Berikut daftar hari penting 3 Mei:

1. Hari Kebebasan Pers Sedunia

Hari Kebebasan Pers Sedunia atau yang dikenal dengan World Freedom Press Day diperingati setiap 3 Mei. Hari Kebebasan Pers Sedunia ditetapkan oleh PBB pada 1993 menyusul rekomendasi sidang ke-26 Konferensi Umum UNESCO 1991.

Hari Kebebasan Pers Sedunia dilatarbelakangi oleh kejadian Perang Saudara Afrika pada akhir abad ke-20. Peristiwa itu banyak menyerang jurnalis.

2. Hari Surya Sedunia

Banyak yang belum mengetahui bahwa 3 Mei juga merupakan Hari Surya Sedunia. Peringatan Hari Surya Sedunia menjadi bentuk kampanye energi matahari yang merupakan energi ramah lingkungan dan terbarukan.

Peringatan Hari Surya Sedunia bermula dari kampanye penggunaan energi ramah lingkungan yang pertama kali digagas pada 22 April 1970. Tanggal itu bertepatan dengan Hari Bumi pertama yang dicetuskan oleh pemerhati lingkungan dan tenaga surya asal Amerika Serikat, Denis Hayes. 

Denis Hayes mengemukakan gagasan untuk lebih peka terhadap isu penggunaan energi matahari bagi umat manusia serta kebermanfaatannya. Butuh waktu delapan tahun hingga akhirnya masyarakat menerima gagasan atau ide tersebut. Akhirnya pada 3 Mei 1978, Hari Surya Sedunia pertama kali diperingati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Peringatan Konstitusi Jepang

3. Hari Peringatan Konstitusi Jepang

Masyarakat Jepang memperingati Hari Peringatan Konsitusi setiap 3 Mei. Peringatan ini sekaligus menjadi pengingat atas konstitusi yang disahkan setelah kaisar Jepang, Kaisar Showa, menyerah kepada Sekutu AS pada 1945.

Butuh jangka waktu dua tahun hingga konstitusi baru tersebut disahkan, diselesaikan, dan diratifikasi. Pada 3 Mei 1945, akhirnya konstitusi baru menggantikan konstitusi lama yang dikenal dengan Konstitusi Meiji. Konstitusi Meiji berfokus pada penegakan kedaulatan rakyat, melindungi mereka, dan menyelesaikan konflik internasional tanpa menggunakan senjata.

4. Hari Koala Liar Internasional

Tanggal 3 Mei juga diperingati sebagai Hari Koala Liar Internasional. Peringatan ini bertujuan untuk mengimbau seluruh dunia agar membantu koala terhindar dari kepunahan.

Sebagai informasi, koala adalah salah satu dari sepuluh spesies paling berisiko akibat perubahan iklim. Hewan ini tumbuh dan hidup di Australia.

Tergolong sebagai hewan unik, upaya penyelamatan koala harus bersifat global. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menanam pohon di hutan dan memghindari perburuan liar.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.