Sukses

360 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama Asal Temanggung Terbang Hari Ini

Sebanyak 360 jemaah calon haji kloter pertama Embarkasi Solo asal Kabupaten Temanggung tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali pada Sabtu (11/5/2024). Rencananya kloter perama itu akan terbang ke Tanah Suci pada Minggu besok.

Liputan6.com, Boyolali - Kloter pertama jemaah calon haji Embarkasi Solo asal Kabupaten Temanggung masuk ke Asrama Haji Donohudan. Boyolali, Minggu (11/5/2024). Rencananya calon haji  kloter pertama sebanyak 355 jemaah itu akan terbang ke Tanah Suci pada Minggu (12/5/2024) besok.

Pantauan Liputan6.com, di antara jemaah calon haji kloter pertama tersebut terlihat sejumlah calon haji yang lanjut usia (lansia). Saat turun dari bus, beberapa calon haji lansia tampak berjalan dibantu pendamping dan ada pula yang harus menggunakan kursi roda untuk berjalan menuju Gedung Jeddah di Asrama Haji Donohudan, Boyolali.

Sejumlah petugas dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo juga terlihat sibuk mengatur tempat duduk bagi para jemaah calon haji yang baru turun dari bus. Di bangunan aula tersebut, ratusan jemaah haji itu duduk sambil menunggu giliran untuk pengecekan kesehatan, pembagian paspor, living cost hingga pembagian gelang identitas haji.

Humas PPIH Embarkasi Solo, Gentur Rahma Indriadi mengatakan calon haji kloter pertama Embarkasi Solo yang berasal dari Kabupaten Temanggung itu berjumlah total sebanyak 360 jemaah. Calon haji kloter pertama itu mulai masuk ke asrama haji pada Sabtu (11//5/2024) pagi.

“Kita sudah terima kloter satu asal Kabupaten Temanggung yang jumlahnya terdiri dari 355 jemaah dan ditambah 5 petugas. Tadi pada pukul 10.00 WIB, langsung kita terima dan kita layani OSS atau one stop service,” ujar dia di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Sabtu (11/5/2024).

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Wamenag Lepas Keberangkatan Kloter Pertama

Menurut Gentur, setelah kedatangan kloter pertama, selanjutnya disusul kedatangan kloter berikutnya, dua, tiga dan empat. Kloter dua merupakan gabungan jemaah calon haji dari Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang. Sedangkan kloter tiga dan empat berasal dari Kabupaten Magelang,” kata dia.

Setelah beristirahat dan menginap semalam di Asrama Haji Donohudan, kemudian jemaah calon haji kloter pertama Embarkasi Solo itu akan berangkat ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo, Boyolali pada Minggu (12/5/2024).

Gentur mengungkapkan prosesi pelepasan jemaah calon haji kloter pertama rencananya akan dihadiri Wakil Menteri Agama, Saiufl Rahmat Dasuki.

“Saat ini terjadwal untuk pelaksanaan (prosesi pemberangkatan kloter pertama) dilakukan oleh bapak menteri agama dan juga dihadiri bapak Pj Gubernur Jawa Tengah. Prosesi pelepasan ke Tanah Suci akan dilakukan pada Minggu pagi besok,” ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.