Sukses

Hari Lansia Nasional 29 Mei, Simak 7 Rekomendasi Tontonan tentang Kehidupan Lansia

Ada banyak cara untuk ikut berpartisipasi dalam momen lansia ini, salah satunya dengan menonton film atau serial.

Liputan6.com, Yogyakarta - Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) diperingati setiap 29 Mei. HLUN diperingati sebagai bentuk kepedulian pada masyarakat yang berusia di atas 60 tahun.

Ada banyak cara untuk ikut berpartisipasi dalam momen ini, salah satunya dengan menonton film atau serial. Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk lebih memahami apa yang dirasakan oleh keluarga dan kerabat lansia.

Berikut rekomendasi tontonan tentang kehidupan lansia atau film tema lansia:

1. Up (2009)

Siapa yang tak mengetahui film animasi Up yang tayang pada 2009? Film animasi ini menceritakan kisah Carl Fredricksen, seorang lansia berusia 80 tahun dan cocok ditonton pada Hari Lansia Nasional.

Ia ingin mewujudkan mimpi mendiang istrinya yang ingin menemukan burung raksasa di Paradise Falls dengan cara menerbangkan rumahnya. Fredricksen menganggap rumah tersebut adalah gambaran dari sang istri.

Menariknya, saat rumah itu berhasil terbang, Fredricksen tidak menyadari ada seorang anak kecil yang ikut terbawa. Ia adalah Russel, seorang anak berbaju pramuka dengan banyak lencana di seragamnya.

Tak disangka, Russel pun ikut berpetualang bersama lansia tersebut dan menemukan makna cinta bersama. Film ini juga sangat cocok ditonton bersama anak-anak karena ceritanya yang lucu dengan animasi yang menarik.

2. Amour (2012)

Film Amour berkisah tentang pasangan lansia Georges dan Anne. Mereka tinggal dalam apartemen sederhana.

Kekuatan cinta mereka diuji saat Anne mendadak menderita serangan stroke dan membuatnya tidak dapat melakukan apapun. Georges dengan sepenuh hati pun memilih menghabiskan sisa hidupnya untuk merawat Anne dengan sabar dan memberikan seluruh cintanya. Film imi dibintangi Jean-Louis Trintignant dan Emmanuelle Riva.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. The Kominsky Method (2018-2021)

The Kominsky Method merupakan serial komedi berjumlah tiga musim. Serial Netflix ini mengisahkan persahabatan dua lansia, Sandy Kominsky dan Norman Newlander. Sandy Kominsky berprofesi sebagai pelatih akting, sedangkan Norman Newlander merupakan teman sekaligus agen Sandy Kominsky.

Kominsky yang berkali-kali gagal dalam hubungan percintaan merasa bimbang untuk memulai hubungan serius ketika akhirnya bertemu dengan wanita yang dia sayangi. Sementara itu, Newlander berjuang menghadapi kesedihan setelah istrinya meninggal dan putrinya kecanduan narkoba.

4. You and I (2020)

Film tentang kehidupan lansia lainnya yang seru untuk ditonton adalah film dokumenter berjudul You and I. Film yang disutradarai Fanny Chotimah ini berfokus pada kehidupan sehari-hari dua sahabat yang telah lanjut usia.

Adalah Kaminah (70) dan Kusdalini (74) yang telah bersahabat sejak lama. Mereka aktif sebagai anggota paduan suara di tempat berbeda saat remaja.

Keduanya bertemu saat ditangkap sebagai tahanan politik karena dicurigai terlibat dalam gerakan G30S. Setelah bebas dari penjara, mereka berdua menua bersama sebagai sahabat yang saling mendukung satu sama lain. Film ini diangkat dari buku foto berjudul Pemenang Kehidupan karya Adrian Mulya dan Lilik HS yang dirilis pada 2015.

5. Eyang Ti (2021)

Film Eyang Ti merupakan film keluarga tentang kisah Eyang Ti yang tinggal satu atap dengan anak, menantu, dan cucunya. Suatu hari, sang menantu yang bernama Ratna mengatakan bahwa dirinya merasa terganggu oleh ibu mertuanya yang tinggal di rumah mereka.

Hal itu membuat perasaan Eyang Ti terluka. Saat suasana rumah memanas, sang cucu yang bernama Nares pun berusaha untuk tetap memberikan perhatian kepada neneknya.

Film Eyang Ti dibintangi oleh Widyawati, Irgi Ahmad Fahrezi, Widi Dwinanda, serta Beby Tsabina. Setelah rilis perdana di layanan streaming KlikFilm, saat ini film Eyang Ti juga sudah bisa disaksikan di Netflix.

6. Cinta Pertama, Kedua & Ketiga (2022)

Film Cinta Pertama, Kedua & Ketiga berkisah tentang Raja dan Asia. Mereka memiliki tanggung jawab yang sama, yakni merawat orang tua tunggal mereka yang sudah lanjut usia.

Ayah Raja dan Ibu Asia, Dewa dan Linda, akhirnya bertemu dan jatuh cinta. Film ini menceritakan tentang peristiwa jatuh cinta pada pandangan pertama yang bisa terjadi pada siapapun, termasuk lansia. Film Cinta Pertama, Kedua & Ketiga dibintangi oleh Angga Yunanda, Putri Marinoa, Slamet Rahardjo, dan Ira Wibowo.

7. How to Make Millions Before Grandma Dies (2024)

How to Make Millions Before Grandma Dies merupakan film bioskop asal Thailand yang saat ini sedang tayang di bioskop Indonesia. Film besutan rumah produksi GHD 559 yang disutradarai oleh Pat Boonnitipat ini menceritakan perjalanan hidup karakter bernama M.

Ia rela meninggalkan pekerjaan untuk merawat neneknya, Meng Ju. Meng Ju mengidap penyakit kanker usus stadium akhir.

Awalnya, M melakukan itu semua dengan harapan bisa mendapat warisan jutaan dolar dari sang nenek. Namun seiring berjalannya waktu, M justru merasakan kasih sayang tulus kepada neneknya.

(Resla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini