Sukses

2 Ekor Paus Orca Muncul di Perairan Bone Bolango, Hiu Paus Hilang

Paus orca atau paus pembunuh terlihat sedang berkeliaran di perairan Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Liputan6.com, Gorontalo - Sedikitnya ada dua ekor paus orca atau paus pembunuh terlihat sedang berkeliaran di perairan Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Lokasi kemunculan paus dengan nama latin Orcinus orca itu tidak terlalu jauh dari bibir pantai desa tersebut. Bahkan, lokasi kemunculannya sangat dekat dengan Wisata Hiu Paus.

Itulah mengapa, jika sampai dengan saat ini kawanan hiu paus sudah tidak ada lagi. Diperkirakan, hilangnya kawanan hiu paus dikarenakan adanya paus orca.

"Sudah 5 hari ini hiu paus sudah tidak lagi terlihat. Mereka menghilang sebelum dua ekor paus pembunuh itu muncul," kata Salah satu anggota tim monitoring Dinas Pariwisata Kabupaten Bonebol, Iman Tilahunga.

Kurang lebih sudah hampir sepekan kata Iman, wisata hiu paus terlihat sepi. Tak ada satupun hiu jinak dengan nama latin Rhincodon typus itu menampakan diri.

"Wisatawan ada yang datang langsung pulang. Karena hiu paus tidak muncul," ungkapnya.

Sebelumnya, kemunculan paus orca itu sempat dilihat warga. Kawanan paus pembunuh itu bermain tidak jauh dari bibir pantai Botubarani. Warga yang melihat hal itu sempat mengabadikan momen tersebut. Dalam video yang beredar di media sosial, dua paus orca seperti tengah mencari sesuatu.

Kemunculan paus orca di perairan Bone Bolango itu sempat menghebohkan warga. Mereka Khawatir jika paus itu bisa membahayakan wisatawan di lokasi hiu paus.

"Kami hanya khawatir saja, jangan sampai kemunculan orca bisa membahayakan wisatawan," kata Zul warga sekitar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta Menarik tentang Orca

Paus orca, sering disebut sebagai paus pembunuh, adalah salah satu mamalia laut paling terkenal dan ikonik di dunia. Mereka dikenal karena kecerdasan, struktur sosial yang kompleks, dan kemampuan berburu yang luar biasa. Orca ditemukan di seluruh lautan dunia, dari perairan kutub yang dingin hingga perairan tropis yang hangat.

Klasifikasi dan Penampilan

Paus orca termasuk dalam keluarga lumba-lumba, menjadikannya lumba-lumba terbesar di dunia. Mereka memiliki tubuh yang besar dan kuat, dengan panjang yang dapat mencapai 9 meter dan berat hingga 6 ton. Orca memiliki pola warna hitam dan putih yang khas, dengan punggung hitam dan perut putih. Tanda putih besar di belakang mata dan patch putih di sisi tubuh mereka membuat mereka mudah dikenali.

Habitat dan Distribusi

Orca ditemukan di seluruh lautan dunia, tetapi mereka lebih sering terlihat di perairan dingin di sekitar Kutub Utara dan Selatan. Mereka juga sering terlihat di pantai barat Amerika Utara, Norwegia, dan perairan sekitar Antarktika. Orca adalah hewan pelagis yang dapat bermigrasi jarak jauh, namun beberapa populasi cenderung tinggal di daerah tertentu sepanjang tahun.

Diet dan Teknik Berburu

Orca adalah predator puncak dan memiliki diet yang sangat bervariasi, tergantung pada subspesies dan lokasi mereka. Beberapa populasi orca dikenal sebagai "transient" atau "migran" yang lebih suka berburu mamalia laut seperti anjing laut, singa laut, dan bahkan paus lainnya. Sementara itu, "resident" orca terutama memakan ikan, terutama salmon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini