Sukses

Iduladha, Pemkab Garut Siapkan Jagal Profesional Potong Hewan Kurban

Pemerintah Daerah (Pemda) Garut, Jawa Barat menyiapkan jagal (juru sembelih) profesional, yang akan disebar membantu proses pemotongan hewan kurban milik warga.

Liputan6.com, Garut - Pemerintah Daerah (Pemda) Garut, Jawa Barat menyiapkan jagal (juru sembelih) profesional, yang akan disebar membantu proses pemotongan hewan kurban milik warga dalam perayaan Idul Adha 1445H/2024.

“Kami sudah sediakan juru sembelih halalnya, dan RPH sekarang sudah mempunyai nomor induk veteriner,” ujar Kepala Diskannak Garut Beni Yoga Gunasantika, Jumat (31/5/2024).

Menurutnya, pelatihan juru sembelih halal atau jagal profesional perwakilan 30 pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di Garut, kerjasama dengan Kementerian Agama, dimaksudkan menghasilkan daging kurban sesuai syariat islam yang benar.

“Jadi dijamin kesehatannya, higienis, sesuai dengan aturan dan akidah agama yang berlaku,” kata dia.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Diskannak Garut, drh. Agustina, menyatakan untuk menghasilkan daging hewan kurban yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH) lembaganya telah membentuk tim pemeriksaan hewan kurban.

“Kami berharap memberikan ketentraman batin dan kenyamanan masyarakat terjaga,” kata dia.

Untuk Idul kurban 1445 H/2024 kali ini, Pemda Garut telah menyediakan hewan kurban jenis sapi dan kerbau hingga 9.862 ekor serta 15.436 ekor untuk jenis domba dan kambing.

Angka ini naik sekitar 10-15 persen dibanding tahun tahun di angka 9.200 ekor. “Jadi kalau melihat ketersediaan tahun ini hampir 10 ribu saya kira ini masih mencukupi mudah-mudahan ya,” ujar Kepala Bidang Peternakan Diskannak Garut, M. Luqman Ismail.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.