Sukses

Bandung Bakal Macet: Ada Penyambutan dan Pawai Persib Juara, Mana Saja Rutenya?

Juga wisatawan dari daerah lain diimbau untuk mengantisipasi kemacetan dengan menghindari sejumlah ruas jalan jika memungkinkan

Liputan6.com, Bandung - Kota Bandung diprediksi akan kembali macet di sejumlah kawasan. Ribuan bobotoh diperkirakan akan membanjiri jalan untuk menyambut kedatangan tim Persib yang baru menjuarai Liga 1 2023/2024.

Bersama para punggawa Persib, bobotoh akan melakukan Pawai Persib Juara mengitari beberapa kawasan dari Gerbang Tol Pasteur menuju titik akhir di Gedung Sate, Jalan Diponegoro.

Warga Kota Bandung, juga wisatawan dari daerah lain diimbau untuk mengantisipasi kemacetan dengan menghindari sejumlah ruas jalan jika memungkinkan. Jika tidak, pemerintah daerah meminta untuk bersabar dan memaklumi momentum yang telah ditunggu bobotoh sedekade ini.

"Kami atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta maaf kepada pengunjung Bandung karena animo bobotoh tidak bisa ditahan, karena sudah menunggu 10 tahun," kata Pj Gubernur Jawa Barat, Jumat malam, 31 Mei 2024.

Bey mengatakan, tim Persib Bandung akan melakukan pawai kemenangan di atas mobil wisata khas Bandung, Bandros. Pawai tersebut direncanakan dimulai dari pukul 14.00 - 16.00 WIB.

"Tim Persib naik bus. Mereka datangnya jam 11-an di Padalarang. Dari Padalarang naik bus Persib ke Pasteur. Dari Pasteur pakai bandros," kata Bey.

"Bobotoh silakan menyambut tapi jaga ketertiban, kita tahu ini weekend, kalau ada ambulans di jalan beri jalan ambulans, dan kalau bisa beri jalan juga masyarakat lain," imbau Bey.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rute Konvoi

Berdasarkan rute konvoi dan pengalihan situasional laporan lalu lintas dari TMC Polrestabes Bandung, diketahui bahwa rute konvoi menyusur beberapa jalan berikut:

Gerbang Tol Pasteur - Jl. Dr. Djundjunan - Jl. Pasirkaliki - Jl. Pajajaran - Jl. Wastukencana - Jalan Riau - Gedung Sate.

Sementara itu, terkait pengalihan situasional, pihak kepolisian menyampaikan terdapat 6 titik pengalihan, yakni sebagai berikut:

1. Exit tol Pasteur dialihkan ke Baros, Pasirkoja, Kopo, Toha dan Buahbatu

2. Jl. Gunung Batu dialihkan via Cimindi - Jl. Kapten Tatanegara Lintas Husein - Terowongan Cibogo.

3. Jl. Surya Sumantri dialihkan ke arah Sutami/Gegerkalong melalui Jl. Lemahheundeut.\

4. Jl. Surapati dari timur dialihkan masuk ke Jl. Pusdai - Jl. Supratman.

5. Titik pending pengalihan depan Pusdai dialihkan ke Jl. Citarum.

6. Jalan Diponegoro Ddari barat dialihkan ke Jl. Cilamaya, Jl. Trunojoyo dan Jl. Aria Jipang.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Persib Juara

Persib Bandung menjadi juara Liga 1 setelah menegaskan kemenangan atas Madura United dengan hasil pungkas 1-3 (agregat 1-6) di Stadion Bangkalan, Jawa Timur, Jumat malam (31/5/2024).

Kemenangan itu disambut gempita ribuan bobotoh yang nobar di Gedung Sate, Lapangan Gasibu, Kota Bandung. Malam menjadi merah dibakar kobaran flare, kembang api dan seru teriakan kemenangan.

Sementara, arus lalu lintas di seputaran Gedung Sate-Langan Gasibu pun lumpuh. Misalnya, di arah masuk dan keluar menuju Jalan Layang Prof Mochtar Kusumaatmaja (Flyover Pasupati). Kendaraan roda dua dan empat terhenti sama sekali. Sekumpulan bobotoh tampak merayakan kemenangan Persib di tengah jalan.

Hingga tengah malam, Bobotoh masih merayakan keberhasilan Persib Bandung menjuarai Liga 1. Mereka berduyun, dominan mengendarai kendaraan roda dua berseliweran di jalanan Kota Bandung. Sejumlah titik lalu lintas sempat lumpuh, nyanyian kemenangan pun bergemuruh di sejumlah persimpangan.

Kerumunan bobotoh misalnya ditemui di persimpangan Jalan Cikapayang. Saat Liputan6.com tiba, sekira pukul 23.30 WIB, suasana di sana diwarnai merah sulutan beberapa flare. Sejumlah bobotoh, menaiki mobil besar tak bermuatan, kembali bernyanyi dan mengibarkan bendera dari atas kendaraan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.