Sukses

Sempat Viral, Wisata Hiu Paus Gorontalo Menghilang

Hiu paus merupakan salah satu destinasi wisata Gorontalo. Pengunjung bisa menyaksikan hiu paus bahkan berfoto bersama spesies ikan ukuran besar ini.

Liputan6.com, Gorontalo - Media sosial TikTok ramai membahas soal keberadaan hiu paus di Objek Wisata Hiu Paus di Desa Botubarani, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo yang tiba-tiba menghilang. Video viral tersebut diunggah oleh akun bernama @iris_andherdays pada 29 Mei 2024.

Video tersebut menyebut bahwa ikan yang menjadi ikon Provinsi Gorontalo itu menghilang. Diduga, hiu paus yang diberi nama Sherly itu menghilang karena terancam paus orca.

"Hiu paus di Botubarani Gorontalo menghilang sejak muncul Paus Orca 6 hari yang lalu," tulis akun @iris_andherdays.

Hiu paus merupakan salah satu destinasi wisata Gorontalo. Pengunjung bisa menyaksikan hiu paus bahkan berfoto bersama spesies ikan ukuran besar ini.

Ada sejumlah tempat di Gorontalo untuk menyaksikan hiu paus. Namun, tempat melihat hiu paus yang populer adalah Pantai Botubarani yang berada di Desa Botubarani.

Daya tarik wisata hiu paus di Pantai Botubarani adalah kemunculan hiu paus yang sangat dekat dari bibir pantai, yakni sekitar 25 meter. Wisatawan dapat menyaksikan kemunculan hiu paus dari atas perahu.

Sebelum menghilang hiu paus muncul hampir sepanjang hari di pantai ini, sehingga wisatawan memiliki peluang besar untuk menyaksikan hewan tersebut. Ditambah, perairan Pantai Botubarani cukup jernih, sehingga hiu paus dapat terlihat jelas baik dari permukaan maupun dari dalam air.

Dikutip dari alam Jejaring Desa Wisata (Jadesta) Kemenparekraf, ada tiga aktivitas wisata hiu paus di Pantai Botubarani. Wisatawan dapat melihat hiu paus dari atas perahu.

Dalam satu kapal, dapat diisi maksimal tiga orang wisatawan, serta ditemani satu pemandu. Aktivitas wisata ini cocok bagi wisatawan yang tidak bisa berenang dan menyelam (diving) atau wisatawan yang tidak ingin basah saat berinteraksi dengan hiu paus.

Wisatawan juga dapat snorkeling di tempat wisata ini. Para wisatawan akan mendapatkan perlengkapan snorkeling yaitu masker dan kaki katak.

Saat snorkeling, wisatawan bisa melihat hiu paus yang selalu dekat permukaan laut. Tak hanya itu, wisatawan juga dapat menyelam di laut lepas.

Namun, wisatawan harus memiliki sertifikat menyelam scuba atau menggunakan tabung. Tak hanya hiu paus, obyek wisata ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang luar biasa cantik.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata hiu paus Gorontalo yaitu sekitar Mei dan Juni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.