Sukses

Gagal Menanjak, Truk Tronton Tabrak 2 Mobil hingga Nyaris Jepit Satu Pengendara Motor

Sebuah truk tronton bermuatan pupuk mendadak mundur di tanjakan jalan raya Sukabumi, akibatnya tabrak 2 mobil hingga rusak parah.

Liputan6.com, Sukabumi - Sebuah kendaraan sumbu tiga jenis tronton Daihatsu Hino gagal nanjak. Akibat dari truk mundur tiba-tiba itu, dua mobil yang berada di belakangnya langsung tertabrak tronton tersebut.

Peristiwa tronton tabrak mobil itu terjadi Jalan Raya Cibadak di Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (4/6/2024).

Kendaraan roda empat Toyota Kijang Innova warna putih mengalami kerusakan di bagian badan kirinya terkena ujung belakang truk, lalu kendaraan Daihatsu Sigra warna putih ringsek di bagian depannya.

Pengemudi mobil Innova, Ulya (45) mengatakan, mulanya dia berkendara dari arah Cibadak menuju arah kota karena hendak mengajar di pesantren yang ada di Cisaat. 

Bahkan, dia melihat seorang pengendara motor di belangkangnya nyaris terjepit bersama kendaraannya, jika tak cepat menghindar.

"Saya dari Cibadak ke arah kota pelan. Padat merayap. Mobil depan saya lewat. Pas saya ini (truk) mundur. Saya menghindari ke kanan kan tapi enggak keburu iya karena dekat. Keseret tuh berapa meter itu," kata Ulya.

Tronton yang diduga tidak kuat menanjak tersebut terus mundur hingga menabrak kendaraan Daihatsu Sigra yang terparkir di sebelah kiri bahu jalan. Menurutnya, Daihatsu Sigra merupakan kendaraan taksi online.

"Tahu-tahu (tronton) berhenti, enggak tahunya (nabrak) mobil Sigra. Itu yang berhentiin tapi Sigra sudah parah itu. Orangnya (sopir) langsung lari," ungkap Ulya.

Selain itu, terdapat satu kendaraan sepeda motor Suzuki Smash yang terjepit di belakang kendaraannya. "Mobil saya kena bagian sebelah kiri, kalau sebelah kanan saya motor, motor juga terjepit di mobil saya, untung itu orangnya langsung bangun dan lari, kalau motornya tetep terjepit di bawah mobil saya," ungkap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Selidiki Dugaan Muatan Berlebih

Sementara itu, Kanit Gakkum Satlantas Polres Sukabumi Kota IPDA Andhika Pratistha menerangkan, seluruh kendaraan yang terlibat kecelakaan yakni truk tronton tabrak mobil, dua mobil dan satu tronton telah diamankan.

"Untuk diamankan ada satu buah kendaraan motor, dua buah kendaraan mobil dan kendaraan truk. Sopir truknya saat ini masih kita wawancarai," ujar Andhika.

Sejauh ini terdapat satu korban luka akibat insiden tersebut yakni sopir Daihatsu Sigra berinisial W masih dalam perawatan di RS Betha Medika, Cisaat Kabupaten Sukabumi.

Truk tronton tersebut bermuatan pupuk. Terkait dugaan penyebab kecelakaan, menurutnya akibat truk tronton gagal mengisi angin rem. Pihak kepolisian juga tengah menyelidiki dugaan kelebihan muatan pada mobil tronton tersebut. 

"Diduga akibat rem tidak berfungsi secara maksimal dan saat sopir ingin membenarkan tapi sudah tidak sempat dan akhirnya mundur," jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.