Sukses

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Lagi, Semburan Abu Vulkanik Capai 900 Meter

Gunung Lewotobi Laki-Laki mengalami erupsi pada Rabu (5/6/2024), pukul 17.04 Wita.

 

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Lewotobi Laki-Laki mengalami erupsi pada Rabu (5/6/2024), pukul 17.04 Wita. Laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan, tinggi kolom letusan Gunung Lewotobi Laki-Laki kali ini teramati mencapai 900 meter di atas puncak, atau sekitar 2.484 meter di atas permukaan laut. 

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah utara dan timur laut. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung.

Masyarakat dan wisatawan yang berada di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki dilarang melakukan aktivitas apapun dalam radius 2 km dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki serta sektoral 3 km pada arah Utara-Timur Laut dan 5 km pada sektor Timur Laut.

Masyarakat agar tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

Masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak G. Lewotobi Laki-Laki jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Masyarakat yang terdampak hujan abu Gunung Lewotobi Laki-laki memakai masker/penutup hidung-mulut untuk menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernapasan.

 

Sepanjang 2024, Gunung Lewotobi Laki-Laki tercatat sudah meletus sebanyak 152 kali. Hingga hari ini, Rabu, 5 Juni 2024, Gunung Lewotobi Laki-Laki masih berstatus Waspada (Level II).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.