Sukses

Profil Anggota DPR Anita Jacoba, Viral Usai Marahi Nadiem Makarim Terkait Masalah Pendidikan

Anggota DPR Anita Jacoba Gah sedang jadi sorotan publik setelah videonya memarahi Nadiem Makarim viral di media sosial. Diketahui Anita memarahi Mendikbud Nadiem Makarim terkait permasalahan pendidikan.

Liputan6.com, Bandung - Anggota Komisi X DPR Fraksi Demokrat, Anita Jacoba Gah baru-baru ini jadi sorotan publik setelah videonya memarahi Mendikbud Nadiem Makarim viral di media sosial. Diketahui peristiwa tersebut terjadi saat rapat bersama Komisi X DPR pada Kamis (6/6/2024).

Melansir dari video viralnya Anita Jacoba sempat menggebrak meja hingga menunjuk-nunjuk Nadiem Makarim karena permasalahan di dunia pendidikan. Anita menyoroti anggaran Rp15 triliun di Kemendikbud dan mempertanyakan apakah anggaran tersebut dipakai dengan baik atau tidak.

“Kita semua tahu ada kekurangan anggaran ya Rp15 triliun tetapi kalau menurut saya, mari kita koreksi diri. Kenapa ini terjadi, jujur sama diri kita sendiri. Itu banyak anggaran yang sudah diberikan begitu banyak tahun 2024, apakah sudah dipergunakan dengan baik atau tidak?” tanya Anita.

Dia juga mengatakan bahwa masukan yang kerap disampaikan DPR tidak pernah didengar. Terutama terkait persoalan terhadap realisasi anggaran dan penyerapan anggaran APBN tersebut kepada daerah.

“Pak Menteri berulang kali saya katakan bahwa masih banyak persoalan terhadap realisasi anggaran dan penyerapan anggaran APBN itu ke daerah,” katanya.

Anita juga memperhatikan hasil pengawasannya di lapangan terhadap sekolah-sekolah yang terbengkalai. Serta menyebutkan ada sekolah yang bahkan dari tahun 2021 sampai saat ini tidak pernah terselesaikan.

“Di Kabupaten Kupang ada 17 sekolah bangunan yang dari 2021 sampai sekarang tidak terselesaikan. Mau lagi? Kita lihat lagi, dana-dana PIP,” ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Anita Jacoba

Melansir dari situs resmi DPR, Anita Jacoba Gah merupakan politikus dari Partai Demokrat dan telah menjabat sebagai anggota DPR RI sejak periode 2004-2009, 2009-2014, dan 2019-2024.

Anita lahir pada tanggal 9 Maret 1974 dan menjadi anggota DPR mewakili daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur II. Perempuan berusia 50 tahun ini mewakili NTT II yang meliputi sejumlah daerah.

Di antaranya Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka, Kabupaten Kupang, Kabupaten Rote Ndao, hingga Kota Kupang.

Sebagai anggota DPR Anita Jacoba Gah pernah menempuh pendidikan di SD Negeri 1 Bonipoi pada tahun 1981 hingga 1988. Kemudian belajar di SMP Negeri 1 Kupang pada tahun 1988 dan 1991.

Anita kemudian menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas di SMAN 46 Jakarta pada tahun 1991 hingga 1994. Serta belajar D3 Musik Gereja di Sekolah Tinggi Teologi Jakarta sejak 1994 hingga 1997.

Kemudian di tahun 2005 Anita Jacoba Gah menempuh pendidikan Sarjana Ekonomi di STIE Nasional Indonesia dan lulus di tahun 2008.

3 dari 3 halaman

Riwayat Organisasi dan Karier Anita Jacoba

Melansir dari situs resmi DPR berikut ini daftar sejumlah riwayat organisasi dan karier Anita Jacoba Gah:

Riwayat Organisasi

  • Ketua Gerakan Pemuda GPIB Effatha, Jakarta Selatan.
  • Ketua Pengurus Karang Taruna Kel. Pasir Gunung Selatan.
  • Sekretaris Pengurus Ikatan Guru-guru Seni Suara Indonesia.
  • Pengurus di Pemuda GMIT di Kota Kupang.

Karier

  • Pengajar Paduan Suara Wanita di GPIB Gideon, Cimanggis.
  • Pengajar Paduan Suara Wanita di GPIB Effatha, Jakarta Selatan.
  • Pengajar Persekutuan Teruna di GPIB Effatha, Jakarta Selatan.
  • Pengajar Musik dan Vokal di Sanggar Ananda, Jakarta.
  • Anggota DPR RI (2004-2009).
  • Anggota DPR RI (2009-2014).
  • Anggota DPR RI (2019-sekarang).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini