Sukses

Iqbal-Ery Terpilih Jadi Ketua dan Sekretaris AJI Kota Bandung 2024-2027

Pasangan Iqbal-Ery akan menahkodai organisasi ini selama tiga tahun ke depan, menggantikan kepengurusan sebelumnya yang diketuai oleh Tri Joko Her Riadi.

Liputan6.com, Jakarta Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bandung telah rampung menyelenggarakan konferensi kota (konferta) pada 8 Juni 2024, secara daring dan luring. Salah satu hasil konferta, memutuskan pasangan Iqbal T. Lazuardi dan Ery Chandra terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris AJI Kota Bandung periode 2024-2027.

Dalam keterangan tertulisnya, Iqbal-Ery berhasil meraih suara terbanyak, mengungguli dua pasangan lainnya yang juga maju dalam pemilihan ketua dan sekretaris serikat jurnalis yang kini berusia 22 tahun tersebut.

Pasangan ini akan menahkodai organisasi ini selama tiga tahun ke depan, menggantikan kepengurusan sebelumnya yang diketuai oleh Tri Joko Her Riadi.

Iqbal yang di periode kepengurusan AJI Bandung 2021-2024 menjabat sebagai sekretaris merupakan jurnalis lepas dan koresponden Tempo di Jawa Barat. Sedangkan Ery adalah jurnalis di Tribun Jabar.

Ketua AJI Kota Bandung terpilih, Iqbal, mengatakan bahwa kepengurusan AJI Bandung saat ini akan berupaya pada penguatan organisasi dan kapasitas anggota.

“Tantangan ke depan nampaknya akan makin berat. Maka kami berupaya agar anggota AJI Bandung tetap terlindungi namun tetap relevan dengan segala disrupsi yang sedang kita hadapi di dunia jurnalisme maupun industri media tanpa melepaskan semangat keajian,” ujar Iqbal.

Di samping itu, Iqbal mengatakan, AJI Bandung akan tetap menjalankan garis perjuangan AJI yang selama ini menjadi garda terdepan dalam menjaga kebebasan pers, profesionalisme jurnalis, dan kebebsan berekspresi.

Hadir sebagai peninjau, Sekretaris Jendral AJI Indonesia, Bayu Wardhana, menyampaikan pesan kepada pengurus AJI Kota Bandung yang baru. Ia menyebutkan bahwa kesolidan antaranggota dan kuatnya jaringan antar lembaga masyarakat sipil adalah kunci untuk menghadapi tantangan di depan.

“Tantangan yang akan kita hadapi ke depan cukup berat. Tak hanya harus kuat di internal, hubungan jaringan di luar pun perlu dikuatkan,” ujar Bayu.

Sementara itu, Ketua AJI Bandung periode 2021-2024, Tri Joko Her Riadi, mengungkapkan tantangan organisasi saat ini yang perlu dihadapi adalah perihal memperkuat jaringan advokasi bagi jurnalis di Bandung dan juga Jawa Barat.

Mengingat, saat ini di wilayah Jawa Barat baru terdapat satu AJI kota, yakni AJI Bandung. Maka dari itu, pengembangan AJI biro dan AJI Kota di wilayah Jawa Barat perlu diperhatikan oleh pengurus periode ini.

“Jawa Barat sampai hari ini masih hanya punya satu AJI kota. Untuk provinsi seluas ini dan dengan penduduk sebesar ini, pendirian AJI di utara seperti Sukabumi dan ldi utara seperti Cirebon itu menjadi penting dan krusial,” kata Joko.

Saat ini, AJI Kota Bandung mempunyai 59 anggota yang tersebar di wilayah Bandung, Sukabumi, Pangandaran, Cirebon, dan sekitarnya. AJI Kota Bandung merupakan bagian dari 40 AJI kota yang tersebar di seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini