Sukses

Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Lagi, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 800 Meter

Gunung Lewotobi Laki-Laki masih terus bergejolak, Senin (10/6/2024), pukul 07.20 Wita, gunung di NTT itu kembali mengalami erupsi dengan kolom abu mencapai 800 meter.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Lewotobi Laki-Laki kembali mengalami erupsi pada Senin (10/6/2024), pukul 07.20 Wita. Laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan, tinggi kolom letusan Gunung Lewotobi Laki-Laki ini teramati mencapai 800 meter di atas puncak, atau mencapai 2.384 meter di tasa permukaan laut.

Kolom abu erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki kali ini teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat daya, barat dan barat laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 41.4 mm dan durasi 303

Masyarakat dan wisatawan yang ada di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki dilarang melakukan aktivitas apapun dalam radius 2 KM dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki serta sektoral 3 km pada arah utara-timur laut dan 5 km pada sektor Timur Laut.

Masyarakat diimbau tetap tenang dan mengikuti arahan Pemda serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

Masyarakat yang ada di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki diimbau waspada terhadap potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi Laki-Laki jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Bagi yang terdampak hujan abu Gunung Lewotobi Laki-laki diimbau memakai masker/penutup hidung-mulut untuk menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernafasan.

Sepanjang 2024, Gunung Lewotobi Laki-Laki sudah meletus sebanyak 172 kali. Hingga hari ini Senin, 10 Juni 2024, pukul 07.00 WIB, Gunung Lewotobi Laki-Laki masih berstatus Waspada (Level II).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apakah Ada Gunung Lewotobi Perempuan?

Gunung Lewotobi adalah kompleks gunung berapi dengan dua puncak yang hampir sama tinggi, yang terletak di bagian tenggara Pulau Flores, NTT. Gunung ini oleh masyarakat sekitar disebut juga dengan nama gunung kembar.

Berapa Ketinggian Gunung Lewotobi Laki-Laki?

Puncak tertinggi Gunung Lewotobi dinamakan Gunung Lewotobi Perempuan, yang memiliki ketinggian 1.703 meter di atas permukaan laut. Sementara puncak yang sedikit lebih rendah tetapi lebih aktif dinamakan Gunung Lewotobi Laki-Laki dengan ketinggian mencapain 1.584 meter di atas permukaan laut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini