Sukses

Hingga 12 Juni, UGM Buka Pendaftaran Online Siswa Berprestasi Tidak Mampu dan Jalur Lain

UGM membuka pendaftaran online mulai 21 Mei hingga 12 Juni tahun ini untuk 3 kategori. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM), Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB), dan Penelusuran Bibit Unggul Afirmasi dan Daerah 3T Tridharma UGM

Liputan6.com, Yogyakarta Jika memiliki keluarga atau kerabat yang memiliki anak berprestasi namun tidak mampu maka bisa memilih Universitas Gadjah Mada untuk melanjutkan kuliahnya. Sebab UGM membuka pendaftaran online mulai  21 Mei hingga 12 Juni mendatang untuk 3 kategori, yaitu Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM), Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB), dan Penelusuran Bibit Unggul Afirmasi dan Daerah 3T Tridharma UGM. 

Sekretaris Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM, Sigit Priyanta mengatakan UGM membuka jalur PBUTM untuk siswa berprestasi yang memiliki kendala keterbatasan ekonomi. “Bagi siswa yang berasal dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi bisa mendaftar lewat jalur ini,” kata Sigit, Senin 3 Juni 2024.

 

Untuk mendaftar di jalur PBUTM ini, calon mahasiswa diharuskan melengkapi berbagai dokumen persyaratan meliputi sebagai pemegang atau pendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, pendapatan kotor gabungan orang tua/wali penanggung biaya maksimal Rp 4 juta per bulan, pendapatan kotor gabungan orang tua/wali penanggung biaya dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750 ribu per bulan, serta pendidikan orang tua/wali penanggung biaya maksimal S1 atau D4.

Sigit mengatakan bahwa jalur PBU Wilayah Afirmasi dan 3T, khusus untuk calon mahasiswa berprestasi yang berasal dari Daerah Afirmasi dan Daerah Tertinggal, Terdepan, atau Terluar (3T) yang menjadi wilayah kegiatan Tridharma UGM. “Siswa yang boleh mendaftar di jalur ini berasal dari wilayah yang selama ini menjadi lokasi kegiatan pendidikan, riset dan pengabdian para sivitas akademika UGM,” katanya.

Tetapi bagi calon mahasiswa dapat segera melengkapi dokumen pendaftaran online dan harus memperoleh dokumen rekomendasi dari Kagama, Pemerintah Daerah baik Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten. Selain harus memperoleh rekomendasi dari Kepala Dinas Pendidikan setempat.

“Untuk Wilayah yang termasuk dalam kategori afirmasi dan 3T ini juga harus sudah ditetapkan sesuai dengan Surat Keputusan Rektor,”  jelasnya.

Sementara itu, Hempri Suyatna Sekretaris Direktorat Kemahasiswaan UGM mengatakan jalur PBUB untuk siswa berprestasi atau juara lomba di bidang olahraga, seni, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. UGM mengakui tingkat kejuaraan menjadi salah satu bagian dari persyaratan adalah kejuaraan tingkat provinsi, nasional, internasional atau kejuaraan yang diselenggarakan oleh UGM. “Dibuktikan dengan sertifikat atau piagam kejuaraan,” kata Hempri. 

Lebih lanjut Hempri menjelaskan yang ingin mendaftar jalur PBU, adalah siswa yang sedang menempuh kelas terakhir SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yang akan lulus pada tahun berjalan atau satu tahun terakhir, berusia maksimal 25 tahun per 1 Juli pada tahun berjalan, direkomendasikan oleh sekolah, termasuk 25% siswa terbaik di kelasnya untuk IPTEK, 50% untuk olahraga dan seni, atau minimal juara 5 pada kejuaraan olahraga internasional, serta memiliki surat keterangan kelas 12 atau surat keterangan lulus. Adapun calon pendaftar di jalur PBU ini dapat memilih maksimal 2 dari 93 program studi yang ada di UGM baik Program Studi pada Program Sarjana (S1) maupun Prodi Sarjana Terapan (D4). “Seluruh klaster meliputi soshum, agro, medika, dan saintek dapat dipilih oleh pendaftar,” ujarnya. 

Prosedur dari pendaftaran online jalur PBU yaitu melalui laman https://um.ugm.ac.id/ pendaftaran untuk membuat akun pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran secara online yang sudah dibuka sejak tanggal 21 Mei hingga 12 Juni. Setelah menyelesaikan seluruh prosedur yang ada, pendaftar yang lulus seleksi administrasi PBUB akan mengikuti tes keterampilan pada 3 dan 4 Juli 2024. Sedangkan pengumuman hasil seleksi akan dipublikasikan pada tanggal 9 Juli 2024. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.