Sukses

Gunung Dukono Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik 1.600 Meter ke Arah Timur

Gunung Dukono mengalami erupsi hebat pada Selasa (11/6/2024), pukul 09.49 WIT.

 

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Dukono mengalami erupsi hebat pada Selasa (11/6/2024), pukul 09.49 WIT. Laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan, tinggi kolom letusan Gunung Dukono kali ini mencapai 1.600 meter di atas puncak, atau sekitar 2.687 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu erupsi Gunung Dukono teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung.

Masyarakat dan wisatawan berada di sekitar lokasi Gunung Dukono dilarang beraktivitas, mendaki, dan mendekati Kawah Malupang Warirang di dalam radius 3 km.

Mengingat letusan dengan abu vulkanik secara periodik terjadi dan sebaran abu mengikuti arah dan kecepatan angin, sehingga area landaan abunya tidak tetap, maka direkomendasikan agar masyarakat di sekitar Gunung Dukono untuk selalu menyediakan masker/penutup hidung dan mulut untuk digunakan pada saat dibutuhkan guna menghindari ancaman bahaya abu vulkanik pada sistem pernapasan.

Sepanjang 2024, Gunung Dukono tercata sudah meletus sebanyak 22 kali. Hingga hari ini, Senin 11 Juni 2024, Gunung Dukono masih berstatus Waspada (Level II).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.