Sukses

Apa Itu Forum Indosarang yang Jadi Sorotan Warganet karena Hina Indonesia

Beberapa hari terakhir masyarakat Indonesia tengah dihebohkan dengan forum "Indosarang", apa itu?

Liputan6.com, Bandung - Masyarakat Indonesia beberapa hari terakhir ini dihebohkan dengan sebuah forum bernama “Indosarang”. Diketahui forum tersebut diduga menjadi tempat adanya tindakan rasis dan menghina orang Indonesia.

Berdasarkan unggahan di media sosial dalam forum Indosarang terdapat ucapan rasis hingga hinaan fisik dari warga Korea Selatan kepada Indonesia. Melalui tangkapan layarnya terlihat ketikan dalam bahasa Korea (hangul) yang bernada hinaan.

Kulitnya item, paling jelek di asia tenggara dan punya obsesi. Ky gini case by case sih tapi,” tulis salah satu ucapan dalam forum tersebut.

Melihat banyaknya kata-kata rasis hingga kata yang menghina orang Indonesia banyak masyarakat yang tidak tinggal diam. Mengutip dari akun (@tanyakanrl) platform Indosarang merupakan forum yang diduga berisi orang-orang Korea yang kerja di Indonesia.

Gila rasis banget, jadi ini tuh ada forum buat orang2 korea yang kerja di indo, namanya indosarang, dan di forum itu tuh katanya mereka suka rasisin orang indo gitu tanyarl,” tulisnya.

Sementara melansir dari beberapa sumber, Indosarang merupakan situs web komunitas untuk orang Korea yang ada di Indonesia atau orang Korea yang menyukai hal-hal berbau Indonesia.

Sehingga dalam forum tersebut isi dan tulisan di dalamnya menggunakan bahasa korea atau hangul. Bahkan dalam halaman forumnya terdapat tulisan bahwa forum tersebut merupakan situs web komunitas berisi informasi tentang Indonesia.

“Komunitas cinta Indonesia, berisi segala informasi tentang Indonesia, kelas bahasa Indonesia, panduan perjalanan, informasi gaya hidup, dan lainnya,”

Melalui deskripsi forumnya, web ini kemungkinan awalnya diciptakan untuk tujuan baik membantu sesama warga Korea yang akan atau sedang mempelajari tentang Indonesia. Namun belakangan diketahui situs ini juga disalahgunakan sehingga membuat warga Indonesia geram.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenapa Indosarang Viral?

Seperti dijelaskan sebelumnya situs Indosarang viral dan jadi sorotan warganet di media sosial karena beberapa komentar penggunanya yang berbuat rasis, menghina, hingga merendahkan orang Indonesia.

Awalnya platform ini viral di media sosial TikTok dan X (sebelumnya Twitter) setelah ada pengguna lain yang mengunggah sejumlah tangkapan layar beberapa komentar rasis dan hina dalam forum tersebut.

Melalui tangkapan layar tersebut komentar-komentarnya ditulis dalam bahasa Korea kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Melalui terjemahan tersebut terpantau ada banyak komentar rasis dan hina yang ditujukan kepada warga Indonesia.

Salah satunya komentar yang menghina bentuk fisik, warna kulit, hingga agama yang ada di Indonesia. Diketahui pengguna yang pertama kali membagikan tangkapan layar tersebut merupakan akun TikTok bernama @5.7fttall dan dibagikan sejak 1 Juni 2024 lalu.

Dalam unggahan dari akun yang sama pemilik situs Indosarang diduga mengunggah permintaan maafnya terutama kepada masyarakat Indonesia yang terluka karena insiden di situsnya tersebut.

“Sebagai pemilik situs, saya menyadari bahwa beberapa tulisan yang tidak baik telah diterjemahkan dan tersebar luas di luar situs. Pertama-tama, saya ingin meminta maaf kepada teman-teman di Indonesia yang merasa terluka karena hal tersebut,” tulisnya.

Berdasarkan dari pantauan situs Indosarang sebelumnya sempat tidak bisa diakses namun saat ini situsnya bisa dibuka meski tidak begitu lancar. Unggahan permintaan maaf pemilik situs Indosarang juga bisa dilihat dalam situs tersebut dan ditulis dalam bahasa Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini