Sukses

3 Cara Membersihkan Babat Agar Tidak Bau

Babat kaya akan protein, vitamin B12, fosfor, dan rendah kalori dan lemak dibandingkan sumber protein hewani lainnya. Sayangnya, babat harus dicuci hingga benar-benar bersih agar baunya yang menyengat bisa hilang.

Liputan6.com, Yogyakarta - Babat merupakan bagian perut sapi atau kambing yang sering diolah sebagai masakah khas nusantara. Babat atau jeroan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Babat kaya akan protein, vitamin B12, fosfor, dan rendah kalori dan lemak dibandingkan sumber protein hewani lainnya. Sayangnya, babat harus dicuci hingga benar-benar bersih agar baunya yang menyengat dan hilang.

Babat memiliki beberapa bagian yang harus dibuang sebelum diolah menjadi sebuah masakan. Bagian babat yang berwarna hijau dan kotor menjadi penyebab bau amis dan menyengat pada babat, sehingga harus dibuang.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa cara membersihkan babat agar tidak bau.

1. Cara Membersihkan Babat dengan Garam dan Cuka

Babat juga bisa dibersihkan dengan garam dan cuka. Kedua bahan dapur ini berfungsi membersihkan bau pada babat sapi.

Pertama, panaskah air lalu tambahkan sekitar 1 sdt garam. Rebus babat sekitar 15 menit, lalu buang airnya.

Kerok bagian belakang kotor babat dengan sendok maupun sikat gigit, kemudian bilas hingga bersih. Rebus kembali babat dengan air garam dan cuka selama 15 menit.

Pasalnya, meskipun sudah dikeruk, bau babat yang amis masih tertinggal. Kemudian, bilas sebanyak 2 hingga 3 kali agar benar-benar bersih.

Campuran garam dan air cuka bisa mengurangi klorin pada babat, sehingga bau tak sedap menghilang. Proses memasak babat menjadi lebih mudah empuk.

2. Cara Membersihkan Babat dengan Baking Soda

Cara membersihkan babat selanjutnya dapat menggunakan campuran baking soda. Rendam babat dalam larutan baking soda untuk menghilangkan bau babat.

Caranya mudah, masukkan 1 sdm baking soda dan air secukupnya. Masukkan babat ke dalam larutan air, lalu diamkan selama 30 menit.

Setelah itu, cuci dan bilas babat dengan air mengalir. Tiriskan sampai benar-benar kering.

3. Cara Membersihkan Babat dengan Bumbu Dapur

Bumbu dapur yang aromatik juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau di babat. Kamu bisa memasak babat dengan beragam bumbu, seperti kayu manis, laos, jahe, dan serai.

Kalau ingin menambahkan dedaunan, kamu bisa memasukkan daun jeruk dan daun salam ke dalam masakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini