Sukses

Strategi Rumah Sakit Hadapi Tantangan Pelayanan Kesehatan Global

Sejak didirikan pada 6 Juni 2021, IAMARSI secara rutin menggelar webinar untuk membahas kasus-kasus dan masalah yang ditemukan di dunia pelayanan kesehatan, khususnya rumah sakitdo Indonesia, terutama pascapademi COVID-19.

Liputan6.com, Surabaya - Ikatan Ahli Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (IAMARSI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III selama tiga hari di Surabaya pada 14-16 Juni 2024.  Dalam rakernas tersebut, IAMARSI membahas isu dan strategi rumah sakit Indonesia dalam memenangkan tantangan pelayanan kesehatan global.

Ketua IAMARSI Pusat Hariyadi Wibowo menyatakan, IAMARSI sebagai organisasi nasional perkumpulan ahli manajemen dan administrasi rumah sakit Indonesia memiliki tanggung jawab dalam membantu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan stakeholder dari Kementerian Lembaga terkait untuk mengatasi tantangan dan isu kesehatan global saat ini.

Sejak didirikan pada 6  Juni 2021, IAMARSI secara rutin menggelar webinar untuk membahas kasus-kasus dan masalah yang ditemukan di dunia pelayanan kesehatan, khususnya rumah sakitdo Indonesia, terutama pascapademi COVID-19. 

“Dengan  Rakernas ke-3 ini kami mengumpulkan para pakar dan insan dunia perumahsakitan di Tanah Air untuk sama-sama bersatu padu untuk menjaga solidaritas, sambil kami menimba ilmu.  Karena kami pun tidak jauh dari Tridharma Pendidikan, yakni pelayanan, pendidikan dan pengabdian masyarakat. Untuk bidang pendidikan, IAMARSI telah memiliki komite khusus untuk e-jurnal. Kami benar-benar adaptif untuk memperbaharui keilmuan yang kami miliki, ” ujar Hariyadi.

Ia menambahkan tujuan dari diselenggarakannya Rakernas ke-3 ini adalah untuk memberikan rekomendasi acuan dan strategi bagi pemimpin rumah sakit di Tanah Air dalam mengembangkan layanan yang lebih berkualitas, lebih cerdas dan lebih terkoneksi.  

“Selain itu, untuk mendukung komunikasi, agility, transparansi, dan resiliensi yang lebih baik untuk meraih keberhasilan, bahkan dalam situasi yang penuh ketidakpastian,” kata Hariyadi.

Dalam acara Rakernas yang dilaksanakan di Hotel Wyndham Surabaya tersebut, IAMARSI juga menggelar Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) ke-2 dan pelantikan sejumlah Pengurus Wilayah. Pembukaan acara rakernas ditandai dengan acara pemukulan gong oleh ketua IAMARSI Pusat didampingi ketua panitia Mokh. Rofiq Hindiono dan perwakilan dewan pembina Supriyantoro.

Setelah acara pembukaan, Ketua IAMARSI Pusat  Hariyadi Wibowo melakukan pelantikan Pengurus Wilayah untuk empat provinsi. Sebagai organisasi nasional, IAMARSI saat ini memiliki  lebih dari 20 kepengurusan wilayah mulai dari Sabang hingga Merauke.

Pengurus wilayah IAMARSI yang dilantik di antaranya  Willi Fragcana sebagai Ketua PW Papua Barat, Fransisren sebagai ketua PW Maluku Utara, Arifatul Khorida sebagai Ketua PW Aceh, dan Wini Putria Marindah sebagai Ketua PW Sumatera Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini