Sukses

Rayakan 10 Tahun Debut, Intip Profil Lengkap Member MAMAMOO

Selama ini, MAMAMOO dikenal dengan vokal yang kuat, gaya musik yang beragam, individualitas yang menonjol, serta aksi panggung yang memukau.

Liputan6.com, Yogyakarta - Girl grup Kpop Mamamoo merayakan ulang tahun debut pada 19 Juni 2024. Tahun ini, grup beranggotakan Solar, Moonbyul, Wheein, dan Hwasa itu telah berusia 10 tahun.

Grup bentukan Rainbow Bridge World (RBW) ini debut pada 19 Juni 2014 dengan lagu Mr Ambiguous. Selama ini, MAMAMOO dikenal dengan vokal yang kuat, gaya musik yang beragam, individualitas yang menonjol, serta aksi panggung yang memukau.

Setelah 10 tahun lamanya berada di industri musik Kpop, MAMAMOO telah merilis beberapa hit populer, seperti Hip, Starry Night, Gogobebe, dan lainnya. Mengutip dari berbagai sumber, berikut profil lengkap member MAMAMOO:

1. Solar

Nama asli Solar adalah Kim Yong Sun. Member tertua di MAMAMOO ini lahir pada 21 Februari 1991.

Solar menempati posisi sebagai leader sekaligus vokalis di MAMAMOO. Menariknya, ia adalah satu-satunya anggota MAMAMOO yang lahir di Seoul.

Sebelum resmi menggunakan nama panggung Solar, ia sebenarnya telah memilih nama panggung Doremi. Namun, anggota MAMAMOO lainnya dan CEO tidak menyukainya dan mengubahnya menjadi Solar.

Selain bersama MAMAMOO, Solar juga aktif dalam kegiatan solo. Ia memulai debut sebagai solis pada 23 April 2020 dengan single album Spit It Out. Ia terpilih sebagai duta M2 X Genie Music Awards bersama Bomi Apink 2019.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Moonbyul

2. Moonbyul

Moonbyul memiliki nama lengkap Moon Byul-Yi. Ia lahir di Bucheon pada 22 Desember 1992.

Moonbyul memegang posisi rapper dan performer di MAMAMOO. Awalnya, ia mengikuti audisi untuk menjadi vokalis, tetapi kemudian berubah menjadi seorang rapper.

Moonbyul adalah idol wanita yang paling banyak dikreditkan di generasinya. Lebih dari 98 lagu memiliki kredit atas namanya.

Untuk aktivitas solo, Moonbyul memulainya dengan merilis single digital Selfish pada 23 Mei 2018. Ia juga berada di Idol Drama Operation Team, sebuah program TV bersama enam idol wanita lainnya. Mereka menciptakan girl grup dengan member tujuh orang, bernama Girls Next Door

Mereka debut pada 14 Juli 2017. Bukan itu saja, Moon Byul juga merupakan anggota unit pertunjukan Six Puzzle di Queendom bersama dengan YooA, Jeong Ye In, Soojin, Chan Mi, dan Eunji.

3. Wheein

Wheein memiliki nama asli Jung Whee In. Ia lahir di Jeonju pada 17 April 1995.

Vokalis dan performer di MAMAMOO ini juga pernah muncul di King of Masked Singer sebagai Half moon. Wheein memiliki 12 tato, dua di antaranya adalah tato persahabatan dengan Hwasa.

Aktivitas solo Wheein dimulai pada 17 April 2018. Saat itu, ia debut solo dengan merilis single digital Magnolia.

Pada 11 Juni 2021, Wheein tidak memperbarui kontraknya dengan RBW dan dua bulan setelahnya ia menandatangani kontrak eksklusif dengan agensi baru The L1ve. Meski demikian, ia masih terus berpromosi dengan MAMAMOO.

 

3 dari 3 halaman

Hwasa

4. Hwasa

Maknae MAMAMOO, Hwasa, memiliki nama asli Ahn Hye Jin. Ia lahir di Jeonju pada 23 Juli 1995.

Posisinya di MAMAMOO adalah vokalis, rapper, dan performer. Hwasa adalah anggota tetap acara populer I Live Alone sebagai panelis selebritas.

Pada 2018, Hwasa dinobatkan sebagai Rookie Female of the Year in Variety dan memenangkan MBC Entertainment Awards untuk karyanya di I Live Alone.

Pada Oktober 2020, Hwasa memulai debutnya sebagai anggota girl group proyek Refund Sisters. Adapun debut solonya dimulai pada 13 Februari 2019 dengan single digital Twit.

Hwasa berada di bawah naungan RBW Entertainment selama hampir 10 tahun hingga 27 Juni 2023 ketika kontraknya berakhir. Ia kemudian menandatangani kontrak dengan P NATION pada 30 Juni 2023, tetapi masih menjadi bagian dari MAMAMOO hingga saat ini.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.