Sukses

Sosialisasikan Urban Farming, Vina Sitorus Ungkap Pentingnya Keberlanjutan Lingkungan

Vina mengajak masyarakat bersama-sama menjadi agen perubahan untuk keberlanjutan.

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia, perkembangan konsep keberlanjutan telah memberikan dampak yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Integrasi proses bisnis, sistem, sumber daya, dan aksi nyata sangat diperlukan agar transformasi menuju keberlanjutan dapat berjalan optimal.

Keberlanjutan dalam menghadapi era pemanasan global, telah menjadi landasan utama di berbagai sektor seperti manufaktur, kesehatan, pendidikan, dan layanan publik.

Untuk mendukung gerakan keberlanjutan di tengah pemanasan global yang semakin intens, Green Pathway bersama murid-murid dari NJIS mengadakan program berkelanjutan bertema "Urban Farming and Healthy Lifestyle" pada Sabtu, 8 Juni 2024, di RPTRA Serdang Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Acara yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga 11.30 WIB ini menghadirkan tokoh terkenal seperti aktivis lingkungan yang runner up pertama Miss Universe Indonesia 2023, Vina Anggi Sitorus dan Nur Efendi sebagai pembicara, yang berbagi keahlian mereka di bidang masing-masing.

Berdasarkan analisis kebutuhan masyarakat, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pertanian perkotaan dalam mendukung ketersediaan pangan lokal. Menurut pengelola, banyak masyarakat yang belum menyadari dampak dari perubahan iklim global. Namun, di RPTRA Serdang Baru, minat terhadap pertanian perkotaan sudah mulai tumbuh, sehingga memudahkan implementasi berbagai inisiatif.

Tujuan utama dari acara ini adalah untuk mendidik peserta tentang pentingnya pertanian perkotaan dalam mendukung keamanan pangan lokal, sambil mendorong partisipasi aktif dalam kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan. Peserta diajak untuk terlibat dalam pengalaman belajar langsung, seperti menanam, merawat, dan memanen tanaman.

Melalui kolaborasi yang inspiratif ini, Green Pathway berharap dapat meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya keberlanjutan lingkungan dan gaya hidup sehat.

Dalam kesempatan ini, Vina Anggi Sitorus berbagi pengalamannya dalam mendukung inisiatif lingkungan, serta Nur Efendi, Finalis The New L-Men of the Year 2024, yang memberikan wawasan tentang pentingnya gaya hidup sehat dan aktif.

Keisha Farah Rusadi, seorang siswa di NJIS dan anggota Green Pathway, menyatakan antusiasmenya terhadap kolaborasi ini. "Melalui kolaborasi ini, kami bertujuan untuk menginspirasi masyarakat agar terlibat dalam praktik berkelanjutan seperti pertanian perkotaan dan memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan kesehatan mereka," ujarnya.

"Saya senang bisa berpartisipasi dalam acara ini dan mendukung inisiatif Green Pathway untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik. Mari kita bersama-sama menjadi agen perubahan untuk keberlanjutan," kata Vina.

Nur Efendi menekankan pentingnya gaya hidup sehat secara menyeluruh. "Gaya hidup sehat bukan hanya tentang tubuh kita tetapi juga tentang planet kita. Saya senang bisa berbagi pengetahuan dan mendukung acara ini untuk menginspirasi orang-orang agar lebih peduli terhadap lingkungan dan kesehatan mereka," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.