Sukses

Profil Rumsyah, Gadis Asli Baduy yang Jadi Sorotan Warganet

Saat ini, nama Rumsyah Baduy tengah jadi sorotan warganet dan berikut ini profil singkatnya.

Liputan6.com, Bandung - Warganet di media sosial beberapa hari terakhir ini ramai menyoroti sosok perempuan bernama Rumsyah yang dikenal sebagai gadis asli Baduy. Warganet juga banyak mengenalnya dengan nama Rumsyah Baduy.

Melansir dari beberapa sumber belakangan, diketahui nama Rumsyah viral usai membuat konten bersama influencer populer, Vilmei. Sebagai informasi, Rumsyah sendiri dikenal sebagai seorang gadis dari suku Baduy luar.

Namanya pertama kali dikenal publik usai muncul di akun TikTok (@langkahpii) pada tahun lalu. Rumsyah menjadi sosok yang menarik perhatian karena kecantikannya yang alami tanpa riasan dan sikap ramahnya kepada para wisatawan.

Namun, baru-baru ini namanya justru viral karena dinilai mengalami perubahan dan disebut menampilkan sikap yang kontroversial usai muncul dalam video bersama seorang influencer. Awalnya, Rumsyah membuat beberapa konten bersama TikTokers Vilmei dan membuat beberapa video.

Pada satu konten, Vilmei menawarkan untuk mengabulkan satu permintaan kepada Rumsyah. Melalui konten tersebut, Rumsyah meminta dua permintaan yaitu untuk memiliki ponsel baru karena ponsel lamanya telah rusak dan permintaan kedua ingin jalan-jalan ke Jakarta.

Vilmei pun mewujudkan permintaan pertama Rumsyah dengan memberikan ponsel baru. Sayangnya, setelah konten tersebut, Rumsyah kembali muncul dalam konten influencer lain yaitu akun TikTok @montisibolang.

Melalui video di akun @montisibolang, Rumsyah terlihat mengobrol dengan sang influencer terkait kedatangan influencer Vilmei. Namun, ternyata konten tersebut memicu ketegangan dan kritikan dari warganet.

Pasalnya, TikTokers Monti menyoroti jenis ponsel yang diterima oleh Rumsyah yaitu jenis ponsel Android. Sehingga, dinilai tidak seperti ponsel yang biasanya diberikan Vilmei kepada orang lain yaitu jenis ponsel dari Apple yaitu iPhone.

Guys, lihat nih, Rumsyah dikasih hp Advan. Dengernya mah, Rumsyah dikasih iPhone. Ternyata Vilmei itu, yang suka bagi-bagi iPhone di kontennya, bagi-bagi uang, ternyata aslinya kasih ke neng Rumsyah bukan iPhone,” ucap Monti dalam akun TikToknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dikritik Warganet

Sejak konten video bersama TikTokers Monti, nama Rumsyah pun semakin jadi sorotan warganet karena dinilai mempunyai sikap yang tidak baik dan kurang bersyukur. Setelah munculnya banyak ketegangan di media sosial, Vilmei akhirnya menjelaskan dari sisinya.

Vilmei menyebutkan bahwa saat itu ia tidak memiliki pilihan lain untuk memberikan ponsel yang lain kepada Rumsyah. Namun, ia tetap bertekad untuk memenuhi janjinya mengajak Rumsyah jalan-jalan ke Jakarta meskipun dalam unggahan terbarunya diketahui Rumsyah tidak bisa ke Jakarta karena berhalangan hadir.

Alhasil dalam konten terbarunya, atas keinginan Vilmei, ia tetap membelikan Rumsyah handphone iPhone dengan warna kesukaannya. Melalui media sosialnya, Vilmei juga menjelaskan hal tersebut tidak berdasarkan keinginan orang lain tetapi keinginannya.

Ia juga ingin meluruskan kesalahpahaman yang ada dan berharap tidak ada komentar negatif lagi dari warganet terkait masalah sebelumnya di akun media sosialnya Rumsyah.

Guys ini dari aku yaaa, rumsyah gaada minta. Jangan komen negative ttg dia lagi akunya gaenakk bgt dia uda minta maaf,” tulis Vilmei (@vilmeijuga).

3 dari 3 halaman

Lantas Siapa Rumsyah?

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, Rumsyah Baduy merupakan seorang gadis asli Baduy yang awalnya dikenal karena sikap ramah dan kecantikannya yang natural tanpa riasan.

Sikap ramahnya dalam menyambut wisatawan ke desanya juga mendapatkan banyak pujian. Sebagai salah satu warga Baduy Luar, Rumsyah hidup dengan lingkungan yang cukup modern.

Ia bisa menggunakan ponsel dan memiliki akun media sosial pribadi hingga sering membagikan kesehariannya di Instagram dan TikTok. Melalui media sosialnya tersebut, Rumsyah kerap terlihat mengenakan pakaian adat Baduy dengan anggun.

Saat ini, media sosialnya juga mempunyai pengikut yang cukup tinggi salah satunya di media sosial Instagram dengan pengikut sebanyak 38.3 ribu pengguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.