Sukses

Menjadi Orang Kepercayaan, Sopir di Pekanbaru Habisi Nyawa Majikan Pakai Asbak

Polisi akhirnya menangkap pelaku pembunuhan terhadap pensiunan perusahaan di Pekanbaru yang ternyata merupakan sopir korban.

Liputan6.com, Pekanbaru - Melarikan diri sejak 29 Mei 2024, tersangka pembunuhan pensiunan perusahaan perkebunan negara di Pekanbaru tertangkap di Banyuwangi, Jawa Timur. Tersangka Raka Saputra merupakan sopir kepercayaan korban, Saiwan.

Tersangka melakukan pembunuhan berencana karena tergiur dengan harta korban. Tersangka melarikan uang ratusan juta, telepon genggam, buku rekening, hingga mobil korban.

Wakil Kepala Polresta Pekanbaru AKBP Henky Poerwanto menjelaskan, tersangka bekerja 4 bulan dengan korban. Tersangka selalu menemani korban mengambil uang di bank.

"Makanya tersangka bisa menarik uang korban di bank senilai Rp104 juta," kata Henky didampingi Kasat Reskrim Kompol Bery Juana Putra, Rabu petang, 19 Juni 2024.

Sopir bunuh majikan ini beraksi pada 29 Mei 2024 saat korban makan siang di rumahnya di Kecamatan Tuah Karya. Korban dipukul memakai asbak dari belakang, dicekik, dan dibekap memakai bantal.

Usai itu, tersangka melarikan harta benda korban ke Bengkulu. Tersangka menitipkan mobil hasil curian ke temannya di Bengkulu kemudian lari ke Jakarta lalu ke Banyuwangi.

Korban diketahui sudah tak bernyawa ketika dua anaknya datang ke rumah karena dua hari telepon genggamnya tidak aktif. Anaknya membuka paksa pintu rumah dan menemukan gundukan ditutup selimut.

"Anaknya meminta tolong warga dan RT setempat membuka kain itu, ternyata korban atau ayahnya yang sudah meninggal dunia," ucap Henky.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kecurigaan Teman

Anak korban melapor ke Polsek Binawidya. Penyelidikan dilakukan bersama Satuan Reskrim Polresta hingga akhirnya mengarah kepada tersangka berdasarkan sejumlah bukti.

"Salah satunya rekaman CCTV di bank ketika menarik uang," ujar Henky.

Tersangka juga terlacak setelah mobil yang dititipkan di Bengkulu diserahkan temannya ke Polsek. Tersangka akhirnya ditemukan setelah menyewa kos di Banyuwangi.

Tersangka dibawa ke Pekanbaru untuk penyidikan dan mencari bukti lainnya. Saat pencarian alat bukti, tersangka melawan petugas dan berusaha kabur sehingga ditembak.

"Tersangka merupakan pelaku tunggal, dijerat dengan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana, ancamannya hukuman mati," tegas Henky.

Sementara itu, Bery menyebut sebagian uang yang diambil tersangka dari rekening korban digunakan untuk membayar hutang. Dari 104 juta hasil kejahatan, uang kejahatannya tersisa Rp33 juta.

"Untuk narkoba, tersangka urinenya negatif," kata Bery.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini