Sukses

Harapan Baru untuk Perawat Indonesia Bisa Bekerja di Belanda

Sudah ada 130.000 pekerja dengan berbagai macam profesi yang bekerja di luar negeri melalui Binawan.

Liputan6.com, Jakarta - Impian perawat Indonesia untuk bisa bekerja di benua Eropa tidak lagi menjadi sekedar angan-angan. Perawat Indonesia akan lebih mudah untuk berangkat ke Belanda dan memiliki karier internasional dengan gaji hingga puluhan juta rupiah. Hal ini bisa terwujud melalui kerja sama Binawan Group dan Susie Care.

Menaker Ida Fauziah melalui Plt. Direktur Jenderal Binapenta Kemenaker mengatakan saat ini Binawan telah menjalin kerjasama dengan Susie Care Belanda untuk menyiapkan dan menempatkan perawat Indonesia untuk bekerja di sektor kesehatan dan fasilitas milik pemerintah Belanda.

"Melalui kerja sama ini, perawat Indonesia mendapatkan visa kerja tapi berkewajiban mengikuti studi penyetaraan untuk mengambil jenjang yang lebih tinggi. Beberapa waktu lalu, perawat Indonesia yang berhasil bekerja secara legal di Belanda menggunakan visa pelajar, sehingga hanya boleh bekerja paruh waktu,"ujarnya.

Kerja sama ini akan memudahkan para perawat Indonesia untuk bisa langsung bekerja di fasilitas kesehatan di Belanda penuh waktu atau full time dengan gaji yang lebih menjanjikan.

Tak hanya Perwakilan Kementerian Ketenagakerjaan, acara penandatanganan MOU ini juga dihadiri oleh Freddy M. Panggabean selaku Deputy Chief of Mission, KBRI Den Haag. Ia mengatakan Binawan sangat teliti dalam memberikan pelatihan dan mempersiapkan tenaga kesehatan Indonesia, karena Binawan memiliki latar belakang yang kuat di sektor ini.

Harapannya kerjasama ini akan terus berlanjut, Bapak Said Alwaini telah memulai sektor ini selama lebih dari 20 tahun dan akan terus berlanjut kedepannya.

"Kami berharap Binawan sukses dalam mempersiapkan dan mengirimkan perawat Indonesia ke Belanda," jelasnya.

CEO Binawan Group, Said Saleh Alwaini, menyampaikan berharap kerja sama ini berjalan lancar, melalui kerja sama ini phaknya optimis Indonesia bisa menempatkan tenaga kerja kesehatan profesional dalam jumlah banyak ke Eropa, khususnya di Belanda.

Saat ini telah berjalan pelatihan perdana untuk perawat Indonesia yang akan ditempatkan di Belanda bekerja sama dengan Erasmus Huis yang merupakan pusat pelatihan kebudayaan Belanda di Jakarta untuk memberikan pembekalan bahasa dan pengetahuan budaya. Sementara itu, Co-Founder Susie Care, Berend Jan Udink menyampaikan Kerjasama ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan tenaga profesional di sektor kesehatan yang saat ini dihadapi oleh Belanda.

"Saya yakin dengan keahlian yang Susie Care miliki dan juga keahlian yang dimiliki oleh Binawan dalam penempatan tenaga kerja internasional, kita bisa menghadapi tantangan ini," ujarya.

Binawan selama 47 tahun terus berkomitmen menghasilkan para profesional yang kompeten dan mampu bersaing di pasar tenaga kerja internasional. Sudah ada 130.000 pekerja dengan berbagai macam profesi yang bekerja di luar negeri melalui Binawan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini