Sukses

Mengenal Gerakan Kolaborasi Menulis Buku

Judul buku atau tema yang disediakan ada banyak dan cukup beragam. Mulai dari tema ekonomi hingga pendidikan. Proses penulisan dimulai ketika kuota penulis sudah penuh. Untuk mempercepat proses penulisan, penulis disarankan memilih judul buku dengan bab yang hampir penuh.

Liputan6.com, Yogyakarta - Semakin hari semakin banyak penulis baru bermunculan. Sayangnya, mereka sering menemui kendala sudah menerbitkan buku yang sudah ditulis. Ini bisa terjadi karene beberapa alasan.

Mulai dari penulis pemula yang belum memiliki kontak di industri penerbitan dan kesulitan mendapatkan perhatian sampai dengan penerbit yang memiliki sumber daya terbatas dan hanya dapat menerbitkan sejumlah buku dalam setahun. Ini berarti mereka harus sangat selektif dalam memilih naskah yang akan diterbitkan.

PT Penerbit Penamuda Media adalah sebuah penerbitan buku yang berbasis di Kota Yogyakarta yang sudah menerbitkan berbagai buku berkualitas. Penamuda Media menerbitkan berbagai genre buku, termasuk buku referensi, buku bahan ajar, bunga rampai, dan buku non-fiksi.

Jika selama ini penerbit hanya menerbitkan buku dari penulis, Penamuda Media punya gebrakan lain. Mereka mengajak para penulis untuk menulis buku dari berbagai tema bersama-sama.

Penamuda Media memperkenalkan gerakan menulis bersama yang terbuka untuk seluruh penulis. Dalam program ini, penulis dapat memilih judul buku sesuai minat mereka dan berkolaborasi dengan penulis lainnya. Judul sudah disediakan oleh Penamuda Media, jadi penulis tidak perlu repot-repot lagi menentukan judul buku yang ingin mereka tulis.

Judul buku atau tema yang disediakan ada banyak dan cukup beragam. Mulai dari tema ekonomi hingga pendidikan. Proses penulisan dimulai ketika kuota penulis sudah penuh. Untuk mempercepat proses penulisan, penulis disarankan memilih judul buku dengan bab yang hampir penuh.

Apakah penulis bisa mengajukan tema sendiri untuk buku yang akan ditulis? Tentu saja bisa. “Penulis dapat mengajukan tema atau judul buku sendiri dengan menghubungi admin. Lebih baik lagi jika mengajak rekan satu institusi untuk menulis book chapter bersama.” ungkap founder Penamuda Media, Febrian Wahyu Wibowo, “Penamuda Media akan memfasilitasi segala kebutuhan penulis,” sambungnya.

Cara ini merupakan solusi terbaik bagi penulis untuk menghasilkan karya terbaik. Mereka memilih judul atau tema yang disukai dan dikuasai. Mereka menulis dengan berkolaborasi bersama penulis-penulis kreatif lain, dan tentunya diterbitkan oleh penerbit yang berkualitas.

Di tengah banyaknya penulis baru yang bermunculan, gerakan menulis bersama dari Penamuda Media ini menjadi suatu gebrakan yang menyegarkan. Khususnya bagi penulis yang mungkin selama ini kesulitan mencari penerbit yang bersedia menerbitkan buku mereka. Sebuah gerakan yang belum pernah diinisiasi oleh penerbit lainnya.

Bukan itu saja, selain penerbitan dan gerakan menulis bersama tadi, Penamuda Media juga menawarkan layanan lain seperti: proofreading, desain cover, layout naskah, buku referensi, buku bahan ajar, buku non-fiksi, dan buku bunga rampai. Benar-benar paket lengkap yang ada dalam satu penerbit.

Untuk menjadi penulis memang bukan hanya bakat yang diperlukan. Tapi juga penerbit berkualitas yang mampu memastikan karya tersebut menjadi lebih bermakna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini