Sukses

Penjelasan Pegiat Mistis di Gorontalo soal Khodam yang Kini Viral

Bahkan pencarian Google pun dipenuhi dengan rasa penasaran tentang apa sebenarnya Khodam itu dan bagaimana cara kerjanya.

Liputan6.com, Gorontalo - Fenomena khodam telah menjadi topik populer dan viral di berbagai platform media sosial belakangan ini. Bahkan, soal khodam ini menarik perhatian banyak orang.

Pencarian Google pun dipenuhi dengan rasa penasaran tentang apa sebenarnya khodam itu apa dan bagaimana cara kerjanya.

Ternyata di Gorontalo juga sedikit orang tahu mengenai Khodam tersebut. Menurut beberapa sumber, Khodam adalah istilah yang berasal dari bahasa Arab yang berarti "pelayan" atau "penjaga".

Dalam konteks spiritual dan mistis, khodam merujuk pada entitas gaib yang dipercaya memiliki kemampuan khusus untuk membantu atau melindungi manusia.

Menurut pemerhati mitos dan cerita mistis di Gorontalo, Amirudin menjelaskan, bahwa khodam telah ada sejak zaman dahulu kala, terutama dalam tradisi keagamaan dan kebudayaan Timur Tengah dan Asia.

"Dalam Islam, khodam sering dikaitkan dengan jin, makhluk gaib yang diciptakan dari api yang tidak berasap," kata Amir.

Namun kata Amir, tidak semua khodam berasal dari kalangan jin. Ada juga yang dipercaya sebagai arwah leluhur atau makhluk spiritual lainnya. Di Indonesia sendiri, kepercayaan terhadap khodam banyak dipengaruhi oleh tradisi lokal dan ajaran spiritual.

Maka tak sedikit dukun, paranormal dan praktisi ilmu gaib yang mengklaim memiliki khodam. Khodam tersebut diyakini membantu mereka dalam menjalankan tugas-tugas spiritual atau memberikan perlindungan.

"Biasanya paranormal dan dukun itu mengaku bisa melihat atau mengobati orang sakit. Nah, di Gorontalo sendiri itu namanya lotongo atau dudaha atau benteng dalam diri seseorang," ujarnya.

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Orang Percaya Khodam

Menurut dia, alasan orang percaya terhadap Khodam karena diyakini memiliki berbagai jenis dan fungsi. Diantaranya, Khodam dipercaya menemani dan melindungi seseorang sepanjang hidupnya.

"Mereka dianggap sebagai penjaga pribadi yang memberikan perlindungan dari bahaya fisik dan spiritual," ujarnya.

Selain itu ada Khodam yang memberikan bantuan dalam hal pengetahuan dan kebijaksanaan (ilmu). Mereka sering dikaitkan dengan ilmu gaib dan membantu pemiliknya dalam memperoleh pengetahuan rahasia.

"Ya, ini yang biasa digunakan oleh dukun. Mereka mengaku punya kemampuan ilmu yang tinggi, tapi orang tidak menyadari bahwa itu Khodam," katanya.

Meskipun banyak orang yang percaya dan mengklaim merasakan manfaat dari khodam, ada juga banyak skeptisisme dan kontroversi terkait hal ini. Beberapa orang menganggap kepercayaan terhadap khodam sebagai bentuk takhayul yang tidak memiliki dasar ilmiah.

Selain itu, praktik mendapatkan khodam seringkali dikritik karena dianggap bisa menyesatkan dan mengeksploitasi orang-orang yang sedang dalam kondisi lemah atau putus asa.

"Kalau saya kembali ke diri kita masing-masing. Percaya atau tidak ya, tergantung kita. Tetapi ingat hal gaib itu pasti ada," ia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.