Sukses

Fakta Menarik Kolaborasi Afgan-Jessi di Lagu Escape, Trending di YouTube

Hingga pada 21 Juni, Afgan merilis lagu tersebut di seluruh platform streaming musik. Berikut beberapa fakta menarik kolaborasi Afgan-Jessi di lagu Escape:

Liputan6.com, Yogyakarta - Penyanyi pop R&B Tanah Air, Afgan, baru saja membuat gebrakan baru. Afgan menggandeng rapper asal Korea Selatan Jessi untuk berkolaborasi di lagu terbarunya yang berjudul Escape.

Pada 20 Juni, Afgan mengumumkan kolaborasinya bersama Jessi melalui Instagram pribadinya @afgan__. Saat itu, ia mengunggah foto bersama Jessi lengkap dengan detail judul lagu Escape.

Hingga pada 21 Juni, Afgan merilis lagu tersebut di seluruh platform streaming musik. Berikut beberapa fakta menarik kolaborasi Afgan-Jessi di lagu Escape:

1. Genre

Lagu Escape mengusung genre pop dance, R&B, dan hip hop. Genre ini membawa kesegaran pada karya-karya Afgan yang lebih banyak dikenal dengan lagu pop ballad yang mellow.

Kehadiran Jessi cukup memberi warna pada lagu ini. Jessie yang merupakan rapper dengan citra seksi memang terkenal dengan lirik yang berani. Beberapa karya populernya adalah Nunu Nana, Zoom, dan Gum.

2. Trending YouTube

Lagu Escape dirilis bersamaan dengan music videonya. Hingga kini, MV Escape telah ditonton lebih dari 500.000 kali. Saat tulisan ini dibuat, MV Escape berhasil menembus posisi ketiga trending YouTube.

3. Album Sonder

Lagu Escape masuk ke dalam album mini berbahasa Inggris kedua Afgan, Sonder. Album yang dirilis melalui label EMPIRE ini berisi lima lagu, salah satunya Escape.

Mengutip dari berbagai sumber, proyek album ini dilakukan di London tahun sebelumnya. Adapun proses penulisan dan rekaman seluruh lagu dilakukan hanya dalam dua pekan.

Afgan mengatakan, album Sonder merupakan karyanya yang paling personal karena nama judulnya mencerminkan kesadaran akan cerita hidup setiap individu yang ia temui, baik yang dikenal maupun tidak. Sebelumnya, Afgan telah sukses dengan album berbahasa Inggris pertamanya Wallflower yang dirilis pada 2021.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keempat

4. Kolaborasi internasional keempat

Sebelum kolaborasinya bersama Jessi ini, Afgan sudah beberapa kali merilis lagu kolaborasi internasional dengan beberapa penyanyi lain. Terlebih, setelah bergabung dengan EMPIRE dan merilis album Wallflower.

Afgan pernah berkolaborasi dengan Jackson Wang dalam lagu M.I.A yang sekaligus menjadi salah satu tracklist di album Wallflower. Jackson merupakan musisi asal london sekaligus member grup Kpop GOT7.

Selanjutnya dalam lagu Touch Me (Remix), Afgan berkolaborasi dengan Robin Thicke. Musisi sekaligus produser asal Amerika Serikat ini telah berkarier sejak 1994. Beberapa hit populernya adalah Lost Without U, Magic, serta Sex Therapy.

Kolaborasi selanjutnya datang dari B.I dan Bipolar Sunshine dalam lagu Lost at Sea (Illa Illa 2). B.I merupakan mantan personel grup Kpop iKON, sementara Bipolar Sunshine merupakan penyanyi asal Manchester.

Adapun dalam album Sonder, Afgan tak hanya menghadirkan kolaborasi internasional bersama Jessi di lagu Escape. Salah satu tracklist lainnya, Criminal (Over You), dibawakan bersama penyanyi wanita R&B berdarah Vietnam-Amerika bernama Thủy.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini