Sukses

Ada Wifi Gratis Braga Bandung Kapasitas 1.000 Pengguna, Bagaimana Cara Aksesnya?

Ke depan, di kawasan Braga pun akan hadir Smart Pole. Kota Bandung sebagai smart city, tentunya akan menerapkan smart pole yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota Bandung menyediakan wifi gratis bagi masyarakat yang tengah berada di kawasan Braga, tepatnya depan hotel Gino Feruci.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung, Yayan A. Brilyana menyampaikan, jaringan internet itu berkapasitas 80 mpbs untuk 1.000 pengguna.

"Apalagi setiap hari Sabtu dan Minggu hadir Braga Beken kawasan bebas kendaraan, sehingga pengunjung bisa menikamati berbagai macam pertunjukan sambil wifi-an," disampaikan Yayan dalam keterangannya di Bandung, (22/6/2024).

Sedangkan di kawasan Braga Pendek atau depan Bank BJB dan kawasan jalan Ir Soekarno masih tersedia wifi gratis yang disediakan oleh Molecool.

"Ini sebagai upaya kita untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Wifi dibutuhkan di kawasan seperti Braga," katanya.

Tinggal download aplikasi, hubungkan smartphone ke jaringan @Molecool Free WiFi pada menu pengaturan wifi smartphone, pilih continue pada halaman lanjutan dan wargi akan menikmati Molecool Free WiFi.

Ia menambahkan, ke depannya kawasan tersebut akan hadir Smart Pole. Kota Bandung sebagai smart city, tentunya akan menerapkan smart pole yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Smart Pole memiliki peran penting sebagai salah satu infrastruktur di kota pintar. Ini dapat dilengkapi dengan stasiun basis mikro 5G, stasiun cuaca, kamera, layar LED, terminal bantuan publik, speaker online, tumpukan pengisian daya, dan perangkat lainnya," beber Yayan.

Ia harap, nanti dengan hadirnya infrastruktur ini bisa membantu masyarakat juga pemerintah dalam berbagai hal. Menurutnya, Smart Pole menjadi sensor pengumpulan data kota pintar, dan akan dibangun di tempat strategis tempat masyarakat berkumpul.

"Goalsnya mencapai pengelolaan kota yang lebih efisien dan terintegrasi," ujar Yayan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini