Sukses

Intip, 6 Tips dan Trik Agar Cepat Tidur di Malam Hari

Bagi sebagian orang bisa cepat tertidur di malam hari merupakan berkah. Berikut ini adalah tips dan trik agar cepat tidur di malam hari.

Liputan6.com, Bandung - Tidur merupakan salah satu istirahat terbaik untuk tubuh agar bisa mengembalikan energi yang sudah terkuras. Hampir seluruh makhluk hidup terutama manusia membutuhkan istirahat dengan tertidur agar tubuh dan pikirannya kembali segar.

Melansir dari situs Kemkes ketika seseorang tertidur atau terlelap otak akan membersihkan racun-racun tidak berguna yang terbentuk ketika berpikir seharian. Tidur juga menjadi istirahat yang memulihkan kembali energi sehingga fit di keesokan harinya.

Namun bagi sebagian orang mungkin ada yang kesulitan untuk tertidur di malam hari. Masalah ini juga kerap jadi permasalahan umum yang dialami oleh banyak orang dan bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Faktor tersebut bisa bersumber dari banyak hal misalnya munculnya pikiran stres dan kecemasan yang membuat pikiran terus aktif dan khawatir akan banyak hal. Kemudian juga bisa karena masalah pribadi yang membuat otak kesulitan tenang untuk tidur.

Selain dari pikiran seseorang juga kerap mengalami kesulitan tidur karena kebiasaan tidur yang buruk. Misalnya saja orang yang sering tidur dan bangun pada jam berbeda setiap hari atau kebiasaan menghabiskan waktu yang lama melebihi waktu tidur.

Kondisi sulit tidur juga bisa disebabkan karena adanya kondisi medis misalnya insomnia atau kondisi mental yang terganggu juga bisa jadi penyebab. Melihat banyaknya faktor-faktor tersebut berikut ini ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk mencoba cepat tidur di malam hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Tips dan Trik Agar Cepat Tidur pada Malam Hari

1. Menetapkan jadwal tidur secara teratur

Tips pertama agar kita bisa cepat tertidur di malam hari adalah dengan membuat jadwal tidur secara teratur. Tentunya cara ini harus dilakukan secara perlahan dan konsisten agar bisa mendapatkan waktu yang tepat.

Coba untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya termasuk pada akhir pekan. Sehingga jika berhasil konsisten melakukan rutinitas tersebut bisa membantu tubuh terbiasa dan terhindar dari sulitnya tidur di malam hari.

2. Membuat lingkungan tidur yang nyaman

Seseorang juga bisa kesulitan untuk tidur karena kondisi lingkungan tidurnya yang kurang nyaman. Alhasil, penting juga untuk diperhatikan membuat kamar atau area kasur menjadi lebih nyaman untuk tidur.

Pastikan menjaga suhu kamar tetap nyaman dan tidur di kamar yang terhindar dari kebisingan atau menggunakan peredam suara di sekitar kamar. Namun jika hal tersebut tidak bisa diatur maka bisa diusahakan dengan memilih kasur dan bantal yang nyaman untuk tubuh.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Hindari makanan atau minuman yang mengganggu jam tidur

Perlu untuk dipahami bahwa ada beberapa jenis makanan atau minuman yang bisa mengganggu jam tidur. Misalnya saja makanan atau minuman yang mengandung kafein harus dihindari.

Terutama jika mengonsumsinya di waktu sore hari karena kandungan tersebut bisa jadi stimulan yang membuat tubuh tetap terjaga. Anda juga harus menghindari makanan berat atau minuman alkohol sebelum tidur karena bisa mengganggu siklus tidur seseorang.

4. Membatasi paparan cahaya biru

Sebagai informasi cahaya biru merupakan sinar biru yang dipancarkan oleh layar perangkat digital atau elektronik seperti TV LED, laptop, tablet, smartphone, dan perangkat lainnya. Pasalnya cahaya biru bisa mengganggu produksi melatonin yaitu hormon yang mengatur tidur.

Sehingga untuk Anda yang sering kesulitan tidur sebaiknya hindari penggunaan perangkat setidaknya satu jam sebelum tidur. Alih-laih bermain ponsel atau tablet bisa melakukan kegiatan lain seperti membaca buku atau mandi air hangat.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

5. Relaksasi sebelum tidur

Tips berikutnya bisa melakukan teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga sebelum tidur. Kegiatan tersebut dinilai bisa membantu menenangkan pikiran dan tubuh sebelum tidur sehingga tubuh bisa lebih tenang.

Selain itu meditasi atau yoga juga diklaim dapat mengurangi stres dan kecemasan yang kerap menjadi penyebab utama seseorang mengalami insomnia.

6. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi menggunakan air hangat ternyata bisa membantu seseorang menjadi lebih cepat tidur di malam hari. Pasalnya air hangat membantu memperluas pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

Sehingga bisa mendistribusikan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh dengan lebih baik dan dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks dan meredakan stres sehingga tubuh nyaman untuk tertidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.