Sukses

Apa Itu Cek Khodam yang Viral di TikTok? Berikut Penjelasannya

Bagi sebagian orang Indonesia yang percaya, khodam juga dianggap sebagai makhluk yang membantu urusan manusia. Sebenarnya apa itu khodam?

Liputan6.com, Yogyakarta - Media sosial TikTok tengah diramaikan dengan tren cek khodam. Kata cek khodam mulai ramai setelah salah satu pengguna TikTok kerap melakukan siaran langsung dengan dalih baca khodam melalui nama pengguna.

Saat tengah melakukan siaran langsung tersebut, pemilik akun pembaca khodam ini sama sekali tidak memperlihatkan wajahnya. Ia hanya menggunakan suara dan membacakan khodam setiap nama dengan cepat, misalnya menyebut khodam pengguna rawarontek, Nyi Blorong, hingga berbagai hal lain yang lama-lama jadi bahan lelucon pengguna media sosial.

Tren cek khodam ini hanya berlaku sebagai hiburan, penamaan khodam dibuat kocak dan menghibur, seperti Naga Kocak, Panda Cupu, Edgar Burger, Harimau Kutub, Raja Sumatera, dan lain sebagainya. Lalu, apa itu khodam?

Secara harfiah, kata khodam sebenarnya diambil dari bahasa Arab yang memiliki arti pembantu, penjaga, hingga pengawal. Dikutip dari berbagai sumber, kata khodam berasal dari khodama-yakhdumu-khodim.

Artinya adalah pembantu dengan makna luas, mulai dari membantu kegiatan sehari-hari, pekerjaan, dan hal lainnya. Khodam yang tengah jadi bahan perbincangan di media sosial ini memiliki arti penjaga, pembantu, atau hal-hal yang mendampingi.

Namun, dalam siaran langsung dan tren cek khodam di TikTok saat ini khodam justru dikaitkan dengan sosok-sosok irasional, seperti rawarontek atau hal-hal gaib lain yang dalam istilah Jawa dikenal dengan sebutan perewangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dianggap Bantu Urusan Manusia

Oleh sebagian orang Indonesia yang percaya, khodam juga dianggap sebagai makhluk yang membantu urusan manusia. Khodam dianggap sebagai bagian dari diri manusia tersebut dan secara alami kerap membantu berbagai urusan hingga membentuk kepribadian manusia tersebut.

Secara ilmiah khodam bisa juga diartikan sebagai ego state. Ego state sendiri merujuk pada sistem perilaku dan pengalaman yang terorganisir.

Ego state juga merupakan bagian dari diri manusia yang terbentuk karena pengalaman hingga berbagai emosi intens yang pernah dilalui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini